Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Bengkel Umum Mesti Dilibatkan, Pemprov DKI Gandeng Astra Gelar Uji Emisi Gratis hingga Desember

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Pemprov DKI Jakarta menggandeng pabrikan otomotif Grup Astra menggelar uji emisi gratis bagi kendaraan pelanggan. Kegiatan dalam rangka meningkatkan kualitas udara di Ibukota diberlakukan pada 45 bengkel resmi Astra mulai tanggal 4 September hingga 31 Desember 2023.

Juru Bicara Satgas Pengendalian Pencemaran Udara (PPU) Ani Ruspitawati mengatakan, Pemprov DKI Jakarta mengapresiasi Astra atas komitmennya dalam mendukung upaya mengurangi dampak cuaca ekstrem di Jakarta. “Pj Gubernur DKI Jakarta telah mengajak Astra untuk mendukung kebijakan dan inisiatif Pemprov DKI dalam upaya mengurangi cuaca ekstrem di Jakarta dengan melakukan uji emisi. Ajakan tersebut mendapatkan sambutan baik dari Astra, yang langsung menggelar uji emisi gratis bagi mobil yang melakukan servis di bengkel grup Astra yang berada di seluruh wilayah DKI,” kata Ani di Jakarta, Rabu (6/9).

Ani yang merangkan sebagai Plt Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengharapkan, kegiatan uji emisi gratis bagi pelanggan Astra ini dapat membantu mengurangi polusi udara, sehingga udara di Jakarta semakin sehat bagi warganya. Diharapkan pula, akan semakin banyak perusahaan atau pemangku kepentingan yang peduli dan turut berpartisipasi dalam menurunkan polusi udara di Jakarta. “Uji emisi gratis berlaku hingga akhir Desember 2023,” tandas Ani.

Sementara itu, Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah mengatakan, pihaknya siap memfasilitasi uji emisi secara gratis untuk kendaraan para pelanggan di sejumlah bengkel dealer Astra yang tersebar di berbagai wilayah Jakarta. “Ada 45 bengkel dealer Astra yang terintegrasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, tersebar di sejumlah titik, yang dapat melayani uji emisi kendaraan pelanggan Astra secara gratis, dengan melakukan reservasi terlebih dahulu,” ujar Riza.

Lokasi uji emisi gratis tersebut, lanjut Riza, tersebar di bengkel Auto2000, Astra Daihatsu, Astra Isuzu, Astra UD Trucks, Astra Peugeot, BMW Astra, Lexus dan Astra Motor. Selain itu, terdapat tiga outlet Astra Otoservice dan dua outlet Shop & Drive yang juga siap melayani pelanggannya untuk uji emisi kendaraan secara gratis. “Informasi lokasi lebih lanjut dapat diakses melalui https://bit.ly/DaftarUjiEmisiGratisAstra,” kata Riza. Sebagai bagian dari komunitas warga Jakarta, Astra turut berpartisipasi dalam mendukung pemerintah mengurangi dampak cuaca ekstrem dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia. “Semoga usaha bersama ini memberikan dampak baik bagi kehidupan masyarakat dan lingkungan sekitar,” sambungnya Riza.

Sejumlah warga menyambut baik kolaborasi tersebut, namun Pemprov DKI Jakarta diharapkan segera juga menggandeng bengkel umum yang mana sebagian besar pelanggan adalah kendaraan tua. “Kalau bengkel resmi yang ongkosnya relatif mahal, pada umumnya hanya kendaraan muda usia di bawah sepuluh tahun yang notabene kerja mestinya masih bagus. Beda dengan bengkel umum yang mana sebagian besar langganannya adalah kendaraan tua yang notabene gas bunganya tidak ramah lingkungan. Saya yakin jika bengkel umum juga dibanding, hasilnya akan lebih efektif,” kata Sugiono, pengelola bengkel mobil umum di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat. (Joko)

Tinggalkan Balasan