Bukan Ajang Pencarian Wajah Baru, Pj Gubernur Heru Sebut Abang-None Jakarta Adalah Representasi Generasi Muda Cinta Budaya Betawi

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menegaskan bahwa ajang tahunan Abang dan None Jakarta bukan sekadar ajang pencarian wajah-wajah baru. “Abang dan None Jakarta harus bisa mencerminkan representasi dari semangat, energi, serta generasi muda Jakarta yang cinta budaya Betawi dan berupaya melestarikannya,” katanya usai menghadiri Malam Final Abang dan None Jakarta 2023 di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta Selatan, Kamis (7/9) malam.

Heru menambahkan bahwa Abang None Jakarta juga memiliki tanggung jawab sebagai representasi dari generasi unggul yang akan membawa masa depan Jakarta lebih baik untuk menghadapi tantangan persaingan global. “Maka itu, terus lakukan pengembangan diri, pahami prioritas dan komunikasikan capaian pembangunan Kota Jakarta kepada publik. Sesungguhnya pengalaman, pengetahuan, dan jaringan yang didapatkan selama proses pemilihan ini, akan menjadi bekal untuk berkontribusi bagi pembangunan Jakarta dan Indonesia di masa depan,” jelas Heru didampingi istri Mirdiyanti selaku Ketua Dekranasda DKI Jakarta.

Pasangan Eckle Athana dari Jakarta Selatan dan Lady Sarah Karjana dari Kepulauan Seribu berhasil meraih gelar Abang None Jakarta Tahun 2023, masing-masing mendapatkan hadiah uang tunai Rp 100 juta. Keduanya mengalahkan puluhan peserta yang merupakan perwakilan dari enam wilayah kota di Jakarta. Sebelum dinyatakan sebagai pemenang, semua finalis unjuk kebolehan menyampaikan aspirasi atau pandangan terkait Kota Jakarta, kemudian dipilih delapan besar pasangan berdasarkan penilaian dewan juri. Setelah itu, delapan besar finalis menjawab pertanyaan acak dari dewan juri terkait berbagai isu penting terkait Jakarta maupun Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Andhika Permata mengatakan, selain mendapatkan hadiah berupa uang tunai Rp 100 juta, pemenang Abang None Jakarta 2023 akan dilibatkan secara penuh dalam setiap rangkaian kegiatan Pemprov DKI Jakarta, terutama dalam bidang pariwisata dan ekonomi kreatif, baik acara di dalam maupun luar negeri. “Mereka juga akan menjadi representasi dalam memperkenalkan budaya di Jakarta. Saya berharap Abang None 2023 yang telah terpilih ini, mampu mengemban tugas dengan baik dan semakin memperkenalkan potensi Jakarta dalam lingkup nasional, hingga dunia global,” ujar Andhika.

Daftar pemenang Abang None Jakarta 2023 sebagai berikut:
Pemenang Abang None Jakarta 2023 adalah Eckle Athana dari Jakarta Selatan dan Lady Sarah Karjana dari Kepulauan Seribu.
Wakil 1 Abang dan None yaitu Muhammad Pratama Razacky dari Jakarta Pusat dan Bianca Dwidjosewo dari Jakarta Barat. Wakil 2 Abang None yakni Fiqih Muhammad Jindan dari Jakarta Pusat dan Nadien Anindya Hasan dari Jakarta Pusat.

Adapun Juara Harapan Satu
Mahardikha Ishlah Al Majid dari Jakarta Utara dan Kea Dela Rosa dari Jakarta Barat. Sedangkan Juara Harapan Dua adalah Malik Sulaiman Said dari Jakarta Selatan dan Silika Khowashi dari Jakarta Selatan. Juara Harapan Tiga Jidan Kamal dari Jakarta Timur dan Callista Sanaa Atsillah dari Jakarta Selatan. Juara Favorit yaitu Reagen Alexander dari Jakarta Barat dan Bianca Dwidjosewo dari Jakarta Barat. (Joko)

Tinggalkan Balasan