Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Wisuda STPN Tahun Akademik 2022/2023, Menteri ATR/Kepala BPN Harapkan Lulusan Akan Menjadi Agen Perubahan

JAKARTANEWS.ID – SLEMAN: Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto mengikuti Sidang Terbuka Senat Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) dengan acara tunggal Wisuda Program Diploma IV Pertanahan serta Program Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral Tahun Akademik 2022/2023. Kegiatan berlangsung di Pendopo STPN, Kabupaten Sleman, Provinsi D.I. Yogyakarta, pada Jumat (08/09/2023).

Dalam kesempatan ini, sebanyak 707 mahasiswa mengikuti wisuda dengan rincian 183 lulusan Program Studi Diploma IV Pertanahan serta 524 lulusan Program Studi Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral. Hadi Tjahjanto mengatakan, dengan selesainya pendidikan di STPN, maka ada tugas besar yang akan diemban di luar sekolah.

“Terutama di lapangan, akan ditunjukkan siapa yang mempunyai kemampuan intelektual tinggi didasari motorik yang kuat, mereka yang memiliki perkiraan cepat (Kirpat) yang bagus untuk berani membuat keputusan. Semua memiliki garis _start_ yang sama untuk menggapai impian. Saya sebagai menteri sangat merasa terbantu karena banyak dari lulusan STPN yang telah mengabdi dan berkontribusi dan memiliki talenta hebat dalam bidangnya masing-masing,” ungkap Menteri ATR/Kepala BPN.

Ia melanjutkan, dalam dunia kerja wisudawan juga harus bisa tegas dan fokus dalam melaksanakan pekerjaannya. “Jangan sampai terdengar ada lulusan STPN yang menerima gratifikasi ataupun mendapatkan laporan bahwa hasil pengukuran yang dilakukan bermasalah, melakukan hal yang tidak terpuji. Saya yakin dengan apa yang saya sampaikan hari ini bahwa Saudara akan menjadi agen perubahan di lapangan, yang dimulai dari niat yang ditanamkan dalam diri kita sendiri,” papar Menteri ATR/Kepala BPN.

Dalam kesempatan ini, ia juga menyampaikan, untuk menyongsong Indonesia Emas tahun 2045, STPN mempunyai peran penting dalam mewujudkan kualitas lulusan yang memiliki kompetensi intelektual, profesional, berwawasan kebangsaan, dan berkarakter. “Sebagai pimpinan Kementerian ATR/BPN yang membawahi STPN, tentu saya akan selalu mendukung upaya STPN tersebut,” ujar Hadi Tjahjanto.

Ketua STPN, Senthot Sudirman pada kesempatan yang sama melaporkan bahwa wisuda yang digelar hari ini merupakan akhir dari sebuah proses akademik. Oleh karena itu, kualitas lulusan menjadi dasar kepercayaan masyarakat dan kepercayaan Kementerian ATR/BPN.

Ia mengungkapkan, STPN telah berupaya melakukan pengembangan dalam sejumlah hal demi menghasilkan lulusan yang berkualitas. “STPN terus melakukan evaluasi dan pembenahan diri di semua lini kehidupan kampus, baik sistem pendidikan dan pengajaran, staf pengajar, tenaga kependidikan, serta sarana dan prasarana penunjang. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan sikap _asah asih asuh_, dan lebih penting lagi diperlukan sikap keteladanan,” terang Senthot Sudirman.

Adapun Upacara Wisuda STPN kali ini turut dihadiri oleh Pejabat Pimpinan Tinggi Madya; Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menteri ATR/Kepala BPN; Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian ATR/BPN; Sekretaris Daerah Provinsi D.I. Yogyakarta, Beny Suharsono; Forkopimda D.I. Yogyakarta; perwakilan Gubernur Akademi Angkatan Udara; para pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-D.I. Yogyakarta; serta para Pimpinan Perguruan Tinggi Kedinasan. (Np)

Tinggalkan Balasan