Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Kapolda DIY dan GKR Hemas Resmikan Fasilitas di Sadeng Gunung Kidul

JAKARTANEWS.ID – GUNUNG KIDUL: Kapolda DIY dan GKR Hemas meresmikan sejumlah fasilitas di Sadeng, Girisubo, Gunung Kidul, pada Sabtu 9 September 2023.

Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan meresmikan Pangkalan Kapal Patroli Ditpolairud Polda DIY dan Pos SAR Terpadu Sadeng. Sedangkan GKR Hemas meresmikan Pojok Baca “Pelita Bahari” .

Dalam sambutannya, Suwondo menjelaskan bahwa Pangkalan Kapal Patroli Ditpolairud Polda DIY dan Pos SAR Terpadu ini merupakan satu-satunya wilayah yang bisa digunakan Kapal Patroli Polri untuk bersandar.

Keberadaan pangkalan ini disebut sebagai bagian pelaksanaan pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) di wilayah Gunungkidul, khususnya di Pantai Sadeng dan sekitarnya.

“Ini bertujuan untuk menjamin agar masyarakat khususnya para nelayan dapat melakukan aktivitas menangkap ikan dengan rasa aman dan nyaman,” kata Suwondo.

Bangunan Pangkalan Kapal dan Pos SAR Terpadu ini awalnya dikelola oleh Satpol PP DIY. Namun dengan adanya perkembangan situasi keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah perairan DIY, maka Ditpolairud Polda DIY dan Satpol PP DIY besepakat untuk menggunakannya sebagai Pangkalan Kapal dan Pos SAR Terpadu.

Dari hasil kesepakatan tersebut, Pangkalan Kapal ini juga dapat digunakan oleh Polairud Polda DIY dan Jajaran, TNI AL, serta Basarnas. Kapolda memberikan apresiasi atas kesepakatan tersebut dan berharap selalu terjalin kerjasama

“Jalin kerjasama yang baik dan berkelanjutan dengan stakeholder terkait guna mendukung kinerja dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

GKR Hemas mengapresiasi kepada  Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan dan Dir Polairud Polda DIY Kombes Pol Pitoyo Agung yang telah membuka Pojok Baca Pelita Bahari. Menurutnya, dengan berdirinya Pojok Baca “Pelita Bahari” di Sadeng ini akan membantu dalam pemenuhan kebutuhan literasi.

“Ini akan memudahkan anak-anak untuk mendapat literasi belajar di luar jam sekolah,” kata GKR Hemas

Menurutnya, kolaborasi seluruh stakeholder maritim ini akan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Dan harapannya akan munculanak yang berprestasi dari wilayah Sadeng.

“Generasi penerus masa depan Indonesia ini juga harus berwawasan luas dan berbudaya dari Jogja yang istimewa, ini penting sekali,” ujar Permaisuri Kraton Yogyakarta. (Amin)

Tinggalkan Balasan