Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

PLN UID Jakarta Ajak Siswa SMK Konversi Mobil Listrik

JAKARTANEWS.ID -JAKARTA: Turut mendukung program pengurangan emisi karbon dan akselerasi energi bersih di Indonesia, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya kembangkan koversi mobil listrik yang diberi nama Electric Vehicle Conversion (Elvis). Tahun 2023 ini, PLN bekerja sama dengan SMK Negeri 26 dan SMK Negeri 1 Jakarta untuk mengkonversi mobil berbahan bahar minyak menjadi mobil berbahan bakar listrik.

PLN memberikan bantuan berupa pendanaan sebesar 350 juta untuk masing-masing sekolah yang digunakan untuk pelatihan konversi mobil, pembelian mobil bekas, dan juga pembelian alat-alat pendukung, hingga akhirnya bisa menghasilkan mobil listrik konversi.

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran, meninjau langsung ke SMK Negeri 26 Jakarta, untuk melihat perkembangan konversi mobil listrik yang dilakukan siswa SMK Negeri 26 Jakarta. Sejak kick off program Elvis pertengahan Juli 2023 lalu, mobil konversi garapan siswa SMK Negeri 26 ini sudah masuk pada tahap pengkabelan dan perakitan instalasi listrik.

“Tujuan dari program Elvis adalah memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada siswa didik sehingga mereka mengetahui cara meng konversi mobil listrik. Melalui bantuan ini, PLN juga mendorong perkembangan industri kendaraan listrik di Indonesia,” ujar Lasiran, Rabu (13/9/2023).

Kepala SMKN 26 Jakarta, Drs. M. Bakri Akkas MT merasa sangat beruntung memperoleh dukungan dari PLN.

“Melalui bantuan ini, kami dapat meningkatkan pemahaman kepada anak didik dalam menciptakan sebuah kendaraan berbasis listrik yang ramah polusi,” ungkap Bakri.

Kepala Bidang SMK Dinas, Drs. Diding Wahyudin, S. Pd mewakili PLT Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta mengatakan bahwa pengalaman yang didapat siswa yang melakukan konversi mobil listrik ini tentu dapat meningkatkan kompetensi siswa.

“Kedepannya mobil listrik ini adalah sebuah kebutuhan yang tidak bisa dihindarkan. Pj Gubernur DKI Jakarta sudah menyatakan bahwa DKI Jakarta harus bebas dari polusi. Maka bantuan PLN Peduli yang diberikan ini sangat tepat sekali, sehingga kami ingin mengembangkan apa yang sudah diberikan PLN ini,” ungkap Diding.

Program Elvis yang diinisiasi oleh PLN UID Jakarta Raya sudah berjalan sejak tahun 2022, dimana melalui bantuan PLN Peduli memberikan pendanaan kepada SMK Negeri 55 Jakarta. Hasilnya, SMK Negeri 55 Jakarta telah berhasil mengkonversi 5 motor berbahan bakar listrik. Karena itu, tahun 2023 ini, PLN mengembangkan Elvis, yang sebelumnya konversi motor listrik menjadi konversi mobil listrik. (YOK)

Tinggalkan Balasan