Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Sayurbox Kelola Limbah Produk untuk Kesejahteraan Petani dan Satwa

JAKARTANEWS.ID -JAKARTA: Sayurbox, platform supply chain agritech yang menghubungkan konsumen dengan produk segar langsung dari petani, menjalin kemitraan revolusioner untuk pengelolaan limbah dalam upaya mengurangi waste product sambil mendukung kesejahteraan satwa dan pertanian lokal.

PR & Media Manager Sayurbox, Kristo Hananto, mengatakan Sayurbox telah memulai program untuk mengalihkan produk-produk sisa menjadi hal yang bermanfaat.

“Hasil sisa produk tersebut disumbangkan ke beberapa channel diantaranya Lembang Park & Zoo, di mana bahan-bahan tersebut menjadi pakan bagi koleksi satwa kebun binatang,” katanya di Jakarta, Jumat (15/9/2023).

Sayurbox juga memberikan dukungan kepada peternakan lokal dengan menyediakan hasil sisa produk kepada peternakan sapi perah wilayah Lembang, membantu mengurangi kebutuhan akan pakan hewan yang biasanya digunakan. Adapun jenis produk yang diberikan Sayurbox antara lain: Siomak, Kangkung, Kol, Jagung, Selada, Sawi serta beberapa jenis sayuran lainnya.

“Dengan mengalihkan produk-produk hasil sisa menjadi pakan hewan, kami tidak hanya mengurangi limbah organik tetapi juga mendukung ekosistem lokal, mulai dari satwa hingga para petani yang memainkan peran penting dalam pasokan makanan kita,” imbuh Kristo.

Selain itu, Sayurbox juga berkolaborasi dengan perusahaan pengolahan limbah organik untuk mengubah sisa sayur, buah dan protein yang dikumpulkan dari gudang untuk dijadikan pupuk cair, kompos dan media tanam melalui proses filtrasi serta daur ulang.

Kemudian pupuk cair, kompos serta media tanam itu akan diberikan kepada para petani partner Sayurbox yang berada di daerah Lembang dan Cipanas. Hal ini dilakukan dengan harapan agar petani-petani dapat meningkatkan kualitas hasil pertanian mereka tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli pupuk dan media tanam.

 

Kemitraan inovatif ini sejalan dengan misi Sayurbox untuk menciptakan sistem distribusi makanan yang lebih berkelanjutan. Dengan berkolaborasi dalam pengelolaan limbah, Sayurbox berusaha untuk mengurangi limbah lingkungannya dan memberikan dampak positif pada konservasi satwa serta pertanian. (YOK)

Tinggalkan Balasan