Jamiluddin Ritonga Yakini SBY Akan All Out Menangkan Prabowo di Pilpres 2024

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berjanji akan turun gunung untuk memenangkan Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024.

Tekad SBY untuk turun gunung tampaknya serius, bukan gimmick. Sebab, SBY tipikal yang berpikir dulu baru bertindak.

Demikian dikemukakan Pakar Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga kepada para wartawan, Selasa (19/9/2023).

Jamiluddin meyakini, sesuatu yang diucapkan SBY sudah tentu dari hasil berpikir yang komprehensif dan mendalam. “Kalau SBY mengatakan akan turun gunung, tentu sudah melalui proses yang matang. Hal itu tentunya akan dilakukannya dengan serius dan all out,” kata Dosen Metodologi Penelitian Komunikasi Fikom Universitas Esa Unggul, Jakarta ini.

Menurut Jamiluddin, keseriusan SBY mendukung Prabowo tampaknya akan berbeda dengan yang dilakukannya pada tahun 2019. “Pada Pilpres 2019 SBY tampaknya hanya sekedar mendukung Prabowo, namun pada 2024 ini SBY kiranya ingin menunjukkan kalau ia masih dicintai sebagian anak bangsa,” tutur Jamiluddin.

Hal itu, tutur Jamiluddin, ingin ditunjukkannya kepada elite partai lain yang terkesan sudah mengabaikannya. Karena itu, kalau SBY nantinya turun gunung, tentu membawa keuntungan bagi Prabowo, sebab SBY masih punya pendukung yang relatif banyak yang tersebar di Indonesia terutama yang berusia 40 tahun ke atas,” ungkap Dekan Fikom IISIP, Jakarta 1996-1999 ini.

Jamiluddin menilai, SBY juga dapat menggunakan jejaring yang digunakannya pada tahun 2004 dan 2009. “Jejaring itu sebagian masih eksis dan punya basis massa yang cukup besar,” tegas Jamiluddin.

Mantan Sekjen Media Watch ini berpendapat, SBY memang masih punya daya getar yang kuat untuk membantu Prabowo memperoleh suara yang siginifikan. “SBY akan tunjukkan itu melalui keahliannya di bidang strategi dengan masuk ke jejaring yang pernah mendukungnya pada Pilpres 2004 dan 2009,” pungkas Jamiluddin Ritonga. (Daniel)

Tinggalkan Balasan