Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Emrus Sihombing Dukung KPK Ungkap Tuntas Motif Milliaran Uang Tunai di Rumah Mentan

Emrus Sihombing

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: KPK temukan uang puluhan miliar usai 20 jam geledah rumah dinas Menteri Pertanian (Mentan), demikian judul berita di salah satu portal berita ternama pada Jumat (29/9/2023).

Temuan ini, menurut hemat saya, selain aneh juga mengejutkan. Uang tunai sebanyak itu sangat luar biasa ada di rumah, di tengah transaksi kebutuhan keluarga dan atau bisnis dengan menanfaatkan aplikasi kemajuan teknologi atau dikenal dengan e-transfer.

Demikian disampaikan Komunikolog Indonesia Emrus Sihombing kepada para awak media, Jumat malam (29/9/2023).

Sebagaimana dimuat pada portal berita di atas, penyidik KPK menemukan Rp30 miliar rupiah ketika dilakukan penggeledahan rumah dinas Mentan.

“Logikanya, uang sebanyak itu sebaiknya tersimpan di bank melalui transaksi elektronik, selain tercatat oleh PPATK juga mengindari kemungkinan terselip uang palsu dan sekaligus juga menghindari kemungkinan bisa “berkurang” atau dapat hilang di tengah perjalan menuju tujuan dan penyimpanan di rumah Mentan,” tutur Emrus.

Oleh karena itu, Emrus mendukung KPK menelusuri dengan seksama hingga uang puluhan miliar tersebut tiba dan tersimpan di rumah menteri yang bersangkutan, sehingga terungkap tuntas motif “penimbunan” uang puluhan miliar tersebut di rumah Mentan.

Berdasarkan fakta, data dan bukti hukum yang ditemukan KPK, menurut dugaan Emrus, terbuka peluang akan ada tersangka baru terkait dengan dugaan tindak pidana korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

“Jika ke depan ada tersangka baru dari kader sebuah partai, maka partai tersebut mutlak harus mendukung dan bekerjasama dengan KPK memberantas korupsi di Kementan. Jangan sampai ketum partai tersebut seolah membela kadernya dengan mengatakan misalnya, ‘terlalu mahal untuk diborgol’,” tuntas Emrus Sihombing. (Daniel)

Tinggalkan Balasan