Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

PAM Jaya Investasikan Rp 41 M, Pj Gubernur DKI Heru Resmikan 4 Reservoir dan 1 IPA Portable

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meresmikan operasional empat unit reservoir komunal dan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Muara Baru yang semuanya berada di wilayah Jakarta Utara dan Barat. Peresmian secara simbolis dilakukan dilakukan di Reservoir Komunal Waduk Pluit atau Rusunawa Muara Baru di Jalan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara. Selasa (4/10).

“Dengan mengucap bismillah, operasional empat reservoir dan satu unit IPA saya resmikan. Semoga fasilitas tandanya air ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya yang berpenghasilan rendah, terhadap kebutuhan air bersih,” kata Heru didampingi Dirut PAM Jaya Arief Nasrudin, Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, dan sejumlah pejabat lainnya. Ia meminta kepada petugas berwenang dan masyarakat turut menjaga fasilitas tersebut agar bisa digunakan secara maksimal dalam jangka waktu yang panjang.

Reservoir Komunal Waduk Pluit, kata Heru, untuk mengakomodir kebutuhan air bersih bagi warga penghuni Rusunawa Muara Baru. “Reservoir ini dapat mendistribusikan air bersih untuk seluruh penghuni rusun yang terdiri dari 282 KK atau pelanggan. Harganya sangat murah, cuma Rp 1.000 per kubik. Adapun di luar DKI harganya sudah mencapai Rp 2.000,” papar Heru disambut tepuk tangan ratusan warga yang hadir pada acara tersebut.

Dirut PAM Jaya Arief Nasrudin menambahkan bahwa pada hari ini Pj Gubernur Heru meresmikan empat unit reservoir sekaligus plus satu unit IPA yang berfungsi sebagai pemasok air bersih ke sejumlah reservoir yang sudah ada. Pertama, Reservoir Komunal Waduk Pluit, kedua Reservoir Komunal Cilincing di Jl Cacing Raya, Semper Timur, ketiga Reservoir Komunal STP Marunda di Jl Marunda Makmur, Cilincing, dan keempat Reservoir Komunal Tamansari di Jl Mangga Besar IV, Jakarta Barat. “Sekaligus meresmikan IPA Portable Penjaringan di Jl Muara Baru Ujung, Jakarta Utara,” jelas Arief.

Ia menambahkan bahwa pembangunan reservoir di sejumlah rusun maupun kampung padat, merupakan salah satu upaya PAM Jaya merealisasi target 100 persen cakupan pelayanan air di Jakarta tahun 2030. “Kita masih punya waktu sekitar tujuh tahun lagi untuk menambah cakupan layanan mencapai 100 persen, saat ini baru berkisar 64 persen,” kata Arief sambil menambahkan pihaknya menginvestasikan anggaran Rp 41 miliar untuk pengadaan empat reservoir dan satu IPA Portable yang dapat melayani sebanyak 7.742 pelanggan.

Arief menjelaskan reservoir adalah penampungan air di kawasan permukiman yang jauh dari sumber utama instalasi pengolahan air milik PAM Jaya. Air di reservoir akan dipompakan ke rumah warga sehingga pelanggan yang berada di titik jauh dari IPA PAM Jaya dapat menerima debit air yang cukup. “Dari empat reservoir tersebut yang terbesar adalah Reservoir Komunal Cilincing dengan kapasitas 600 meter kubik dan cakupan layanan 6.516 pelanggan yang mana air bersih berasal dari IPA Buaran 2,” pungkas Arief. (Joko)

Tinggalkan Balasan