Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Pos Indonesia Distribusikan Paket Sembako secara Door to Door untuk Bantu Warga

JAKARTANEWS.ID -JAKARTA: PT Pos Indonesia menyatakan cara penyaluran bantuan sosial (bansos) sembako atau bahan pokok door to door, langsung ke rumah keluarga penerima manfaat (KPM), dinilai sangat membantu masyarakat.

Menurut Direktur Bisnis Jasa Keuangan Indonesia Post Haris, cara ini sangat membantu terutama bagi KPM yang memiliki kondisi tertentu seperti sakit atau kondisi fisik yang tidak memungkinkan untuk datang ke Kantor Pos dan mendapatkan pertolongan.

“Kalau kita mengharapkan penerimanya (dengan syarat tertentu) datang ke Kantor Pos karena selain merepotkan, biayanya besar. Syaratnya juga tidak memungkinkan,” ujarnya di Jakarta, Jumat (6/10/2023).

Sebelumnya, PT Pos Indonesia (Persero) menyalurkan Bansos Sembako dan PKH dari Kementerian Sosial di Provinsi Bali, tepatnya di Desa Panjer, Denpasar Selatan.

Dalam penyaluran bansos sembako dan PKH, BUMN logistik ini menggunakan tiga cara, yaitu penyaluran di Kantor Pos, melalui masyarakat, dan diantar langsung ke rumah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) atau dikenal dengan istilah door to door.

“Hari ini kita menyaksikan salah satu penerima tidak bisa datang ke Kantor Pos dan harus ada Petugas Pos yang datang ke rumahnya. Semangat kami benar-benar membantu masyarakat. Sehingga dengan bantuan ini mereka benar-benar merasakan manfaatnya,” katanya.Harris.

Dalam penerapan metode door to door, Haris memastikan Pos Indonesia menggunakan teknologi untuk mengumpulkan dan memvalidasi data KPM.

Teknologi yang digunakan ada dua, yaitu geotagging untuk memvalidasi lokasi tempat tinggal khususnya rumah KPM dan face recognition yang bertujuan untuk memvalidasi data KPM.

Penyaluran bansos yang dilakukan PT Pos Indonesia mendapat apresiasi dari Walikota Panjer Ari Budi yang menyebutkan bantuan tersebut diterima dengan baik oleh warga dan tepat sasaran.

“Bantuan sembako sebanyak 139 (penerima bantuan) yang diserahkan ke Kelurahan Panjer saat ini mampu membantu warga kita yang sangat membutuhkan bantuan,” ujarnya.

Warga di Desa Panjer, kata dia, rata-rata tidak memiliki pekerjaan tetap, sehingga bantuan pemerintah ini sangat bermanfaat dan diharapkan.

Ari Budi menilai cara yang dilakukan Pos Indonesia dalam menyalurkan bansos sangat mudah dan bermanfaat bagi warga. (YOK)

Tinggalkan Balasan