Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Emrus: Gestur Firli Seperti Tak Nyaman, Sementara SYL Tampak Memohon

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Beredarnya foto yang merekam pertemuan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, seharusnya tidak perlu dipolemikkan.

Demikian ditegaskan Komunikolog Indonesia Emrus Sihombing, usai menjadi pembicara dalam diskusi publik bertajuk “Mengawal Agenda Antikorupsi Bersama KPK” di Jakarta, Senin (9/10/2023).

Dari analisa Emrus, foto yang beredar jelas menunjukkan rasa tidak nyaman dari Firli Bahuri, yang sedang berada di lapangan badminton, tiba-tiba didatangi SYL.

“Dari foto yang sudah beredar, terlihat bahwa gestur Firli sangat merasa tidak nyaman, cukup percaya diri dan tegas. Itu dibuktikan dengan satu kaki Firli yang diangkat di dengkul,” ujar Emrus.

“Sementara gestur SYL seperti tengah memohon sesuatu,” lanjut Dosen Pasca Sarjana Fikom UPH, Tangerang ini.

Lebih penting lagi, jelas Emrus, Firli ditemui SYL di ruang publik, artinya ada banyak mata yang menyaksikan terjadinya pertemuan itu.

“Itu terjadi di ruang publik, kecuali memang foto itu ada di ruang privat lalu di foto, itu juga banyak orang, tidak hanya mereka berdua,” terang Emrus.

Lebih disesalkan lagi, lanjut Emrus, beredarnya foto itu, dikaitkan dengan isu pemerasan pimpinan KPK kepada SYL.

Menurut Emrus, pun jika foto Firli dan SYL dibawa ke pengadilan terkait isu pemerasan, hal itu akan sia-sia.

“Artinya, kalau foto itu lalu menjadi bukti materiil di persidangan yang akan dipakai untuk indikasi pemerasan oleh pimpinan KPK, menurut saya tidak akan cukup kuat sebagai bukti,” pungkas Emrus Sihombing. (Daniel)

Tinggalkan Balasan