Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Usai Diperiksa di Polda Metro, Kombes Irwan Anwar Ungkap Firli Bahuri Pernah Jadi Atasannya dan SYL Paman

JAKARTANEWS.ID – SEMARANG: Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar menjelaskan hubungannya dengan Ketua KPK Firli Bahuri dan SYL. Irwan mengatakan Firli merupakan atasannya ketika bertugas di Polda NTB pada 2017, sedangkan SYL merupakan pamannya, Selasa (10/10/2023).

Irwan telah diperiksa sebagai saksi di Polda Metro Jaya dalam proses penyelidikan dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

“Pak Firli adalah atasan langsung saya, ketika saya menjabat Direktur Kriminal Umum di Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) kira-kira tahun 2017. Kemudian, Pak Mentan (SYL) adalah paman saya, kebetulan bersaudara dengan mertua perempuan saya,” ujar Irwan di kawasan Simpang Lima Semarang.

Irwan mengatakan dia dimintai keterangan oleh Polda Metro Jaya saat kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terhadap SYL masih tahap penyelidikan. Irwan mengatakan dia akan diperiksa lagi, sebagai saksi karena kasus dugaan pemerasan itu sudah naik ke tahap penyidikan.

“Informasi yang kami dapatkan bahwa proses penanganan kasus ini sudah tahap penyidikan, tentu saya akan dimintai keterangan lagi sebagai saksi dalam tahap penyidikan,” kata Irwan.

Meski demikian, Irwan mengatakan tak pernah terlibat dalam penyerahan uang sebagaimana informasi yang beredar. “Penyerahan uang itu tidak betul, saya tidak pernah merasa,” ucapnya.

Dugaan pemerasan ini mencuat seiring penyidikan kasus dugaan korupsi di Kementan dilakukan oleh KPK. Kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terhadap SYL itu ditangani Polda Metro Jaya dan telah masuk tahap penyidikan. Firli telah menepis isu soal dia yang diduga melakukan pemerasan.

Penyidik memeriksa Kapoltabes Semarang Kombes Irwan Anwar yang disebut sebagai perantara di balik pertemuan antara Firli dan Mentan SYL. (Amin)

Tinggalkan Balasan