Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Bank DKI Dukung Penuh, OJK Berdayakan Ibu-ibu Jadi Duta Keuangan Syariah Digital

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus menggalakkan literasi keuangan syariah agar masyarakat semakin melek terhadap teknologi digital. Adapun kali ini OJK memberdayakan kalangan ibu-ibu sebagai duta literasi keuangan syariah melalui penyelenggaraan program Sahabat Ibu Cakap Literasi Keuangan Syariah (Si-Cantiks).

Sebelum merambah ke Jakarta, program Si-Cantiks sebelumnya telah diluncurkan OJK di Bandung pada 14 September 2023, yang dirancang untuk mendorong hadirnya Duta Literasi Perempuan Keuangan Syariah. “Salah satunya dengan memberikan pelatihan literasi keuangan secara berkelanjutan kepada Key Opinion Leader (KOL) atau berbasis komunitas agar ditularkan kepada anggotanya,” kata
Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi di Jakarta, Senin (16/10).

Ia menambahkan menjelaskan dengan hadirnya program Si-Cantiks, diharapkan dapat meningkatkan literasi mencakup pengetahuan terkait produk keuangan syariah. “Diharapkan juga kalangan ibu-ibu atau kaum perempuan akan semakin familiar terhadap perbankan syariah digital yang sangat memudahkan dalam berbagai transaksi nontunai,” jelas Friderica.

Menurutnya, kegiatan ini juga mendukung berbagai perencanaan dan manajemen keuangan keluarga, memberdayakan ibu-ibu sebagai agen edukasi yang dapat berbagi pengetahuan kepada masyarakat yang lebih luas, serta mendorong ibu-ibu untuk turut memanfaatkan produk dan layanan keuangan syariah sebagai upaya dalam meningkatkan inklusi. Kalau seorang ibu paham terhadap perbankan syariah digital, hal ini biasanya akan diikuti anak-anaknya yang menginjak dewasa.

Sebagai wujud dukungan mendorong literasi keuangan syariah, Bank DKI melalui Unit Usaha Syariah (UUS) turut berkontribusi memberikan edukasi mengenai literasi keuangan syariah. “Kami juga mengenalkan berbagai produk keuangan digital syariah, dalam acara talkshow dengan tema ‘Digitalisasi Keuangan Syariah’. Bank DKI mewakili Pemprov DKI sangat mendukung semua program dari OJK,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank DKI Amirul Wicaksono yang merangkap jabatan sebagai Direktur Teknologi dan Operasional.

Bank DKI juga turut memeriahkan acara dengan memberikan Tabungan Haji dan Umroh (Taharoh) bagi lima orang Duta Literasi OJK masing-masing sebesar Rp 250 ribu, dan hadiah Taharoh dan voucher potongan umroh sebesar Rp1.000.000 kepada peserta seminar. “Partisipasi Bank DKI dalam program Si-Cantiks yang diinisiasi OJK merupakan bukti nyata mendukung perkembangan literasi keuangan syariah di Indonesia,” tandas Amirul sambil menambahkan ketertarikan nasabah Bank DKI terhadap keuangan syariah semakin hari semakin banyak. (Joko)

Tinggalkan Balasan