Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Presiden China Xi Jinping Pecat Menhan dan Menlu

JAKARTANEWS.ID – BEIJING: Presiden China Xi Jinping memecat Menteri Pertahanan Li Shangfu dan mengeluarkan mantan Menteri Luar Negeri Qin Gang dari jabatan pemerintahan, pada Selasa (24/10/2023).

Pengumuman ini muncul setelah berbagai spekulasi soal gonjang-ganjing kabinet Xi beredar, terutama ketika Qin tiba-tiba dipecat sebagai Menlu tanpa penjelasan hanya beberapa bulan setelah pengangkatannya. Li juga sudah tidak terlihat di depan publik sejak beberapa bulan lalu.

Stasiun televisi pemerintah, CCTV, mengumumkan pemecatan Li dan Qin ini dalam acara buletin malam. Meski begitu, mereka tetap tidak menjelaskan alasan pemecatan kedua pejabat tersebut.

Sampai saat ini, belum ada pula kabar soal pengganti Li sebagai Menhan China. Baik Li dan Qin dikabarkan dipilih langsung secara pribadi oleh Presiden Xi.

Dikutip AFP, pemecatan Li ini berlangsung kala sang menhan dikabarkan tengah diselidiki dalam suatu kasus. Meski begitu, tidak ada penjelasan resmi soal kabar investigasi ini.

Li terakhir kali terlihat di depan publik saat melakukan kunjungan ke Belarus. Pemerintah Belarus merilis foto pertemuan Li dengan Presiden Alexander Lukashenko di Minsk, pada 17 Agustus lalu.

Dua hari sebelumnya, Li juga melakukan perjalanan ke Rusia untuk menghadiri konferensi keamanan di dekat Moskow.

Namun, sejak kunjungan dari Belarus, Li tidak pernah terlihat batang hidungnya lagi di depan publik.

Pemecatan Li ini berlangsung ketika China hendak menggelar dialog keamanan regional, Forum Xiangshan, yang akan berlangsung pekan depan yang biasanya dipimpin oleh menhan.

Qin dipecat dari Dewan Negara setelah dicopot dari jabatan Menlu, Qin juga dipecat dari jabatan pemerintah di Dewan Negara (State Council) sama seperti Li.

Dewan Negara adalah otoritas administratif utama China yang diketuai oleh perdana menteri. State Council digambarkan dalam konstitusi China sebagai organ eksekutif Kongres Rakyat Nasional (NPC) dan organ administratif negara tertinggi.

Secara konstitusional, fungsi utama Dewan Negara adalah merumuskan keputusan administratif, mengeluarkan keputusan dan perintah, serta memantau pelaksanaannya, merancang undang-undang untuk diajukan kepada NPC, dan menyiapkan rencana ekonomi dan anggaran negara untuk dibahas serta disetujui oleh NPC.

Qin dicopot dari jabatannya oleh badan legislatif tertinggi di Beijing setelah hanya 207 hari menjabat, setelah berminggu-minggu muncul spekulasi bahwa ia tidak lagi disukai.

Qin digantikan oleh Wang Yi, seorang diplomat veteran yang menjabat sebagai menteri luar negeri sebelumnya. (Amin)

Exit mobile version