Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Diberikan Mendagri Tito, Dinas Dukcapil DKI Raih Penghargaan Pelayanan Digital Terbaik se-Indonesia

JAKARTANEWS.ID – PALEMBANG: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta meraih penghargaan sebagai Dinas Dukcapil Digitalisasi terbaik se-Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Dukcapil Tingkat Kabupaten/Kota se-Indonesia Tahun 2023 di Palembang, Sumatera Selatan.

Tito Karnavian mengucapkan selamat kepada Dukcapil DKI Jakarta yang berhasil meraih penghargaan dari Kemendagri. “Selamat atas keberhasilan tersebut dan hendaknya prestasi terus ditingkatkan demi pelayanan masyarakat,” ujar Tito pada acara rakornas bertajuk Dukcapil Prima di Novotel Palembang, Kamis (26/10). Acara tersebut dihadiri segenap stake holder, termasuk para pimpinan Dukcapil tingkat kota dan kabupaten dari seluruh penjuru Tanah Air.

Dalam sambutannya Mendagri RI Tito karnavian, menyampaikan bahwa percepatan digitalisasi kependudukan untuk menjadi dasar akselerasi pelayanan dari seluruh pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan, termasuk BPJS maupun SIM. “Era digital telah mengubah lanskap ekonomi, politik, serta sosial, dan data menjadi komoditas berharga dalam ekosistem ini. Data ini mencakup beragam informasi, seperti perilaku konsumen, akses pasar, dan mobilitas talenta digital, yang sangat penting dalam ekonomi digital yang tumbuh subur,” kata Tito.

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta Budi mengucapkan terima kasih atas penghargaan tersebut. “Prestasi ini bisa diraih berkat kerja keras tim dari Dinas, Sudin Kota/Kabupaten, Kecamatan dan Kelurahan dalam melakukan digitalisasi kependudukan di Jakarta. “Digitalisasi kependudukan ini telah memberikan pelayanan terbaik serta menyenangkan semua lapisan masyarakat. Berbagai inovasi yang dilakukan tanpa henti oleh seluruh petugas bahkan dilakukan di luar jam kerja dalam program pelayanan Rabu Petang dan Jemput Bola pada hari Sabtu dan Minggu terbayar dengan penghargaan ini,” tandas Budi.

Ia juga menyampaikan terimakasih kepada Pj Gubernur Heru Budi Hartono dan seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta yang telah memberikan dukungan, termasuk kepada para kolabolator seperti DPRD DKI, SKPD, institusi/lembaga mitra lainnya atas kerja sama selama ini. “Serta yang terpenting, tentunya masyarakat Jakarta sebagai penerima layanan dengan terus memberikan saran serta kritik yang membangun dalam pelayanan,” kata Budi.

Rakornas yang berlangsung dari tanggal 24 sampai 26 Oktober ini juga dihadiri sejumlah narasumber yang kompeten di antaranya Ketua Komisi II DPR RI, Ketua KPU, dan Pj Gubernur Sumatera Selatan. Hadir pula narasumber lainnya dari Kemenkeu, Bappenas, Kementerian PAB-RB, BSSN, Kemenlu, dan para Pejabat Eselon I dan II Kemendagri. Kegiatan ini juga dihadiri sekitar 2.000 peserta secara langsung dan disediakan zoom meeting dengan kapasitas 1.000 bagi peserta daring.

Dalam sambutannya Mendagri RI Tito karnavian, menyampaikan percepatan digitalisasi kependudukan untuk menjadi dasar akselerasi pelayanan dari seluruh pelayanan publik seperti BPJS maupun SIM. “Era digital telah mengubah lanskap ekonomi, politik, serta sosial, dan data menjadi komoditas berharga dalam ekosistem ini. Data ini mencakup beragam informasi, seperti perilaku konsumen, akses pasar, dan mobilitas talenta digital, yang sangat penting dalam ekonomi digital yang tumbuh subur,” kata Tito. (Joko)

Tinggalkan Balasan