Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Libur Nataru Sudah Tiba, PLN Beri Tips Agar Nyaman Saat Liburan

JAKARTA– Momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 bertepatan dengan liburan sekolah. Tak sedikit masyarakat memanfaatkan kesempatan ini untuk berlibur keluar kota. PLN menghimbau masyarakat untuk memperhatikan keamanan instalasi listrik di rumah sebelum ditinggal bepergian

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Lasiran, mengingatkan pentingnya melakukan pengecekan instalasi listrik sebelum meninggalkan rumah untuk memastikan semua dalam keadaan aman saat ditinggal berlibur.

“Masyarakat yang hendak meninggalkan rumah sebaiknya cek dulu peralatan listriknya, mulai dari stop kontak, kabel, hingga peralatan elektronik lainnya, pastikan semua dalam keadaan aman,” jelas Lasiran dalam keterangan tertulis Rabu (27/12/2023).

PLN juga membagikan tips kelistrikan kepada masyarakat yang ingin menikmati libur nataru tahun ini.

Pertama, cek sambungan listrik di rumah, jika ada peralatan elektronik yang tidak digunakan, sebaiknya cabut dari stop kontak.

Kedua, bagi pelanggan pascabayar, bayarlah listrik di awal bulan atau sebelum tanggal 20. Sedangkan untuk pelanggan prabayar, isilah token listrik secukupnya dan siapkan cadangan agar listrik tetap menyala, khususnya untuk penerangan dan peralatan elektronik yang dibutuhkan.

Ketiga, cek instalasi listrik dalam rumah sebelum bepergian, terutama jika sering terjadi korsleting listrik. Masyarakat dapat memeriksa instalasi listrik dengan bantuan instalatir resmi yang terdaftar atau gunakan menu ListriQu pada PLN Mobile yang dikelola oleh anak perusahaan PLN, untuk membantu masyarakat melakukan pengecekan instalasi listrik.

Keempat, apabila daya di rumah sudah tidak mencukupi, segera tambah daya secara resmi ke PLN. Saat ini telah tersedia promo tambah daya Gelegar Akhir Tahun 2023. Pelanggan bisa tambah daya ke daya 5.500 VA hanya dengan membayar Rp 271.023,- melalui aplikasi PLN Mobile.

Kelima, informasikan kepada tetangga terdekat, Rukun Tetangga (RT) atau Rukun Warga (RW) setempat sehingga dapat membantu memantau rumah yang kosong saat ditinggal berlibur.

Lasiran juga berpesan agar menggunakan aplikasi PLN Mobile untuk semua urusan kelistrikan.

“Tidak usah khawatir, apabila sedang berpergian tetapi membutuhkan layanan kelistrikan misalnya untuk bayar listrik atau beli token, lapor pengaduan ataupun keluhan, semua bisa menggunakan aplikasi PLN Mobile,” terang Lasiran. (Np)

Tinggalkan Balasan