Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Alissa Wahid Pakai Gerakan Nurani Bangsa Ketemu SBY, Habib Syakur: Bukan Elemen Saya

JAKARTA: Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK), Habib Syakur menyatakan, dirinya tidak ada kaitan dengan agenda Alissa Wahid bertemu SBY (Susilo Bambang Yudhoyono -red) di Cikeas.

“Bukan, bukan saya. Saya juga menyayangkan Alissa pakai brand Gerakan Nurani Bangsa yang mirip dengan elemen saya,” kata Habib Syakur dalam keterangannya kepada Media, Senin (15/1/2024).

Menurut Habib Syakur, pertemuan antara Alissa Wahid dengan SBY tak ada masalah karena itu urusan pribadi koordinator nasional jaringan Gusdurian itu dengan Ketua Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat.

“Ya silakan saja, itu kan urusan mereka, Mungkin Alissa ingin ada urusan duniawi, ya silakan saja, cuma karena pakai brand mirip elemen saya, jadi saya yang banyak ditanya teman-teman wartawan. Dan di sini saya tegaskan, itu bukan saya,” tegas Habib Syakur.

Lebih lanjut, Habib Syakur mengatakan, dalam konteks demokrasi kebangsaan, dirinya tak akan terjun ke lembah dunia politik praktis.

Sebab, jelas Habib Syakur, bertemu dengan elite sangat membuka lebar persepsi publik seseorang akan berpolitik praktis.

“Saya tidak akan ketemu SBY, ketemu Prabowo, ketemu Surya Paloh, ketemu Megawati, tidak akan bertemu secara personal. Karena artinya saya membuka diri untuk berpolitik praktis. Padahal saya ingin berpolitik kebangsaan, tidak berpihak. Saya menujunjung tinggi etika politik kebangsaan,” ujar Habib Syakur.

Terakhir, Habib Syakur berharap agar kunjungan Alissa Wahid tak dikait-kaitkan dengan Gerakan Nurani Kebangsaan yang dipimpinnya.

Dirinya tak mau apa yang dilakukan putri almarhum Gus Dur tersebut membuat nilai politik kebangsaannya terganggu.

“Artinya saya tak mau Gerakan Nurani Kebangsaan diseret-seret dalam agenda politik praktis Alissa Wahid hanya karena dia pakai nama hampir sama dengan elemen saya. Itu concern saya,” pungkas Habib Syakur.

Sekadar diketahui, Alissa Wahid telah melakukan pertemuan secara pribadi dengan SBY di kediaman SBY di kawasan Cikeas, Bogor, Jawa Barat pada hari Minggu (14/1/2024) pukul 14.00 WIB.

Dalam kunjungan Alissa tersebut, ia menggunakan brand Gerakan Nurani Bangsa (GBN). Dirinya didampingi oleh ibunda yakni Sinta Nuriyah Wahid, Lukman Hakim Saifuddin, Kardinal Romo Ignatius Suharyo, Pendeta Gomar Gultom, hingga Habib Qurasih Shihab. (Daniel)

Tinggalkan Balasan