Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Mulyanto Sesalkan Presiden Tak Paham Kedudukannya BRIN dan Kemendikbud-Ristek

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto prihatin Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak paham kedudukan BRIN dan Kemendikbud-Ristek.

“Itu sebabnya dalam pidatonya di Kovensi dan Temu Tahunan Forum Rektor di Surabaya, Presiden menyebut BRIN harus menjadi orkestrator penelitian bersama Bappenas mendorong berbagai penelitian di perguruan tinggi,” kata Mulyanto kepada para wartawan, Selasa (16/1/2024).

Mulyanto menyebut pidato Jokowi melenceng dari UU Sisnas-IPTEK, karena dalam undang-undang itu BRIN dinyatakan sebagai pelaksana dan integrator riset nasional.

“Sebaiknya Sekretariat Presiden meralat soal ini. Khawatir peneliti di BRIN yang tengah lesu semakin lesu dan tidak mau lagi melakukan riset,” ujar Ketua F-PKS DPR RI Bidang Industri dan Pembangunan ini.

“Apalagi, sekarang ini di dalam BRIN melebur para peneliti dari seluruh lembaga riset baik BATAN, LAPAN, BPPT, LIPI, dan Balitbang Kementerian,” lanjut Mulyanto.

Mulyanto setuju BRIN menjadi integrator atau orkestrator asalkan pemerintah menghidupkan kembali BATAN, LAPAN, BPPT, LIPI, dan Balitbang Kementerian teknis, yang sekarang melebur ke dalam BRIN.

“Presiden harus ubah UU-nya dulu bila ingin mengoptimalkan peran BRIN menjadi orkestrator penelitian sebagaimana yang disampaikan,” tukas Anggota Baleg DPR RI ini.

Legislator asal Dapil Banten 3 ini mengingatkan Presiden harus bisa mensinkronkan antara tugas dan fungsi lembaga dengan amanat Undang-Undang yang ada.

“Presiden jangan asal perintah. Padahal kenyataannya jauh dari ketentuan undang-undang,” tandas Mulyanto. (Daniel)

Tinggalkan Balasan