Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Guspardi Gaus: Komisi II Berkomitmen Kawal Pelaksanaan Pemilu Berjalan Lancar

Anggota Komisi II DPR RI Guspardi. (Ist)

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mengatakan semua fraksi di Komisi II sangat konsen dan berkomitmen mengawal pelaksanaan pemilu 2024 dan pilkada serentak dapat terlaksana dengan baik dan lancar

“Ya, kami sangat komit bagaimana agenda pesta demokrasi yakni pelaksanaan pemilu 2024 dapat terlaksana dengan dengan aman, damai, dan lancar. Mengingat hari pencoblosan 14 Februari 2014 kurang dari satu bulan lagi, sehingga setiap perubahan peraturan mesti di putuskan dengan tepat dan cepat,” kata Guspardi, Kamis (18/1/2024).

Buktinya, beber Guspardi, ketika KPU dan Bawaslu menyampaikan surat untuk konsultasi guna membahas sejumlah Peraturan KPU (PKPU) dan Peraturan Bawaslu (Perbawaslu), Komisi II langsung mengagendakan rapat Selasa sore, seusai Rapat Paripurna pembukaan masa sidang III tahun 2023-2024,” ujar Guspardi.

Politisi PAN yang kembali maju sebagai Caleg DPR RI Dapil Sumbar 2 no urut 2 itupun menjelaskan dalam rapat yang dihadiri Ketua KPU dan Ketua Bawaslu beserta jajarannya, poin penting yang dibahas yaitu soal rekapitulasi perhitungan suara yang mana KPU akan menggunakan sistem perhitungan suara yang dinamakan ‘Sirekap’ sebagai alat bantu untuk proses penghitungan dan rekapitulasi suara secara berjenjang pada Pemilihan iumum (Pemilu) 2024.

“Kita minta kepada KPU agar ‘Sirekap’ ini mudah diakses namun harus dipastikan sistemnya dapat terjamin keamanannya. Jangan sampai alat bantu yang ditujukan sebagai pendukung justru menjadi sumber permasalahan dan persoalan nantinya,” tegas Guspardi.

Prinsipnya, jelas Guspardi, Komisi II DPR RI menginginkan bagaimana proses rekapitulasi perhitungan suara bisa terlaksana secara fair dan transparan serta bisa diakses dengan mudah.

“Hal ini sangat penting guna menghindari adanya potensi potensi kecurangan dalam pemilu,” ulas Guspardi.

Selanjutnya, tambah Anggota Baleg DPR RI ini juga dibahas soal peraturan KPU tentang rancangan dan tahapan penyelenggaraan Pilkada 2024 yang semula dijadwalkan November dan diusulkan dimajukan menjadi September 2024

“Sejauh ini, ketentuan jadwal pilkada masih mengacu pada UU Nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada bahwa akan diselenggarakan pada November. Namun, DPR telah menyepakati pembasan RUU Pilkada sebagai hak inisiatif DPR terkait perubahan jadwal pilkada yang akan dimajukan,” pungkas Guspardi Gaus. (Daniel)

Tinggalkan Balasan