Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Luncurkan 5 Bus Sekolah Khusus, Pemprov DKI Jakarta Fasilitasi Transportasi Gratis bagi Anak Disabilitas

JAKARTA: Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyatakan kebutuhan transportasi anak penyandang difabel secara bertahap akan difasilitasi Pemprov DKI. Ia optimis kehadiran lima unit Bus Sekolah Khusus yang baru kemarin diluncurkan mendapat sambutan positif dari masyarakat khususnya yang memiliki anggota keluarga berkebutuhan khusus.

“Seperti diketahui, kemarin saya meluncurkan operasional Bus Sekolah Khusus yang diinisiasi Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Sebanyak lima armada baru dengan fasilitas khusus siap melayani secara gratis anak-anak disabilitas menuju sekolah,” kata Heru di Jakarta, Kamis (18/1). Acara seremonial peluncuran bus tersebut berlangsung di halaman Pendopo Balaikota DKI Jakarta pada Rabu kemarin. Heru menambahkan secara bertahap jumlah armada bus bagi penyandang disabilitas akan terus ditambah seiring dengan fasilitas yang juga akan ditingkatkan berdasarkan hasil evaluasi.

“Berdasarkan data Dinas Perhubungan kebutuhan bus khusus tersebut sebanyak 80 unit bus. Saat ini baru lima bus yang sudah disiapkan. Untuk itu ini, bus bagi penyandang disabilitas diharapkan dapat memberi semangat, dan ini menjadi perhatian khusus bagi Pemprov DKI. Kami secara bertahap akan meningkatkan pelayanan, juga menambah armada bus untuk anak berkebutuhan khusus,” jelas Heru.

Heru juga mengimbau masyarakat agar mendukung para siswa penyandang disabilitas untuk tetap bersekolah. Sejalan dengan hal tersebut, Pemprov DKI Jakarta juga terus berupaya memberikan fasilitas terbaik untuk meningkatkan semangat bagi para penyandang disabilitas untuk menimba ilmu. “Saya imbau masyarakat penyandang disabilitas untuk terus bersekolah, jangan cuma di rumah, karena harus sekolah dan pemerintah akan berupaya memberikan fasilitas transportasi yang ramah disabilitas,” imbaunya.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Jakarta Syafrin Liputo menerangkan beragam fasilitas yang terdapat dalam bus khusus penyandang disabilitas. “Bus ini memiliki kapasitas 36 orang, dengan rincian tujuh penumpang dengan kursi roda, sepuluh tempat duduk, dan 19 penumpang berdiri. Armada bus dilengkapi dengan CCTV dan lantai tektil yang berguna sebagai panduan berjalan bagi para siswa penyandang disabilitas tunanetra,” jelas Syafrin. Untuk tempat duduk, teknologinya disiapkan sistem hidrolik, sehingga kursi roda tidak harus didorong tapi cukup di tempatkan di platform dan lifting lalu diangkat ke bus, kemudian masuk, dan sebaliknya.

Terkait rute bus sekolah khusus penyandang disabilitas saat ini melayani lima rute, yaitu Rorotan-Marunda yang melewati SLB Negeri 8, Plumpang-Kemayoran melewati SLB Negeri 9, YPAC Kebayoran Baru yang terdiri dari tiga rute meliputi Kalideres, Lubang Buaya, dan Muara Baru. Rute tersebut dipilih berdasarkan lokasi SLB dan dinilai dari banyak siswa yang membutuhkan akses transportasi. (Joko)

Tinggalkan Balasan