Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Cek Kesiapan Jelang Pemilu 2024, Komisi II DPR Lakukan Kunker ke Sumbar

JAKARTANEWS.ID – PADANG: Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mengatakan Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi II DPR RI ke Sumatera Barat (Sumbar) untuk mengecek kesiapan segenap stakeholder di berbagai daerah di Sumbar dalam menghadapi Pemilu 2024.

“Perhelatan demokrasi yang tinggal menghitung hari membutuhkan kesiapan semua elemen masyarakat agar pelaksanaan Pemilu 2024 bisa berjalan dengan aman, damai, dan lancar,” kata Guspardi kepada para wartawan, Kamis (1/2/2024)

Menurut Guspardi, kedatangan rombongan Komisi II DPR RI ke Sumbar untuk memonitor berbagai hal guna memastikan kesiapan kabupaten/kota di seluruh Sumbar dalam menghelat pemilu.

“Di antaranya, memastikan setiap pemilih di Sumbar dapat menggunakan hak pilih, kesiapan logistik pemilu, DPT pemilu yang akurat, memastikan adanya jaminan kesehatan bagi pelaksana teknis pemilu di setiap TPS, hingga memastikan terlaksananya komitmen tentang netralitas ASN, TNI, dan Polri,” ujar Guspardi.

Politisi PAN yang kembali mencalonkan diri sebagai Caleg DPR RI dari Dapil Sumbar 2 no urut 2 itupun menyatakan sepanjang pemantauan di Sumbar, tidak ada kendala berarti dalam masa persiapan sebelum hari puncak pemilu pada 14 Februari nanti.

“Namun demikian, tetap ada beberapa catatan yang perlu ditindaklanjuti dengan sangat serius oleh KPU, Bawaslu, dan setiap lembaga terkait di Sumbar,” tambah Guspardi.

Oleh karena itu, Anggota Baleg DPR RI ini berharap, Pemprov Sumbar senantiasa menjaga komitmen bagaimana menciptakan atmosfer yang kondusif dalam pelaksanaan pemilu di Sumbar.

“Apalagi, Sumbar sudah mencanangkan ‘Pemilu Badunsanak’. Semangat ini jangan hanya sebagai slogan semata, tetapi dapat terealisasikan dengan dukungan semua pihak. Sinergitas dan kolaborasi semua stakeholder dan partisipasi aktif seluruh pemangku kepentingan harus seayun selangkah demi mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024,” pungkas Guspardi Gaus.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, menegaskan kesiapan seluruh elemen masyarakat di Sumbar dalam menyambut pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang akan digelar pada 14 Februari mendatang.

“Dari aspek dukungan keuangan daerah, Pemprov Sumbar bersama pemerintah kabupaten/kota di Sumbar sudah menyalurkan total Rp431 miliar lebih dana hibah untuk KPU dan Rp165 miliar lebih untuk Bawaslu. Tentu saja ini bentuk dukungan nyata pemprov Sumbar dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu tahun 2024,” ungkap Mahyeldi. (Daniel)

Tinggalkan Balasan