Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Libatkan Petugas Gabungan, 2.300 Personil Satpol PP DKI Turunkan Seluruh APK di Penjuru Jakarta

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Sejak memasuki masa tenang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada Minggu kemarin, Pemprov DKI Jakarta menerjunkan 2.300 personil Satpol PP untuk mencopoti seluruh Alat Peraga Kampanye (APK). Pembersihan APK dimulai sejak Minggu dinihari hingga hari ini karena masih ada beberapa poster, spanduk, umbul-umbul, bendera partai, dan sebagainya yang harus diturunkan.

Satpol PP juga dibantu PPSU menggunakan bermacam alat dan perlengkapan menurunkan APK yang dipampang di pinggir jalan, batang pohon, pagar rumah, tiang listrik dan lainnya. “Sejak Minggu dinihari, Satpol PP DKI Jakarta menurunkan alat peraga kampanye (APK) secara serentak di lima wilayah kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu. Kegiatan dilakukan siang dan malam,” kata Kepala Satpol PP DKI, Arifin, Senin (12/2). Pada kesempatan itu, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono turut memantau langsung proses penurunan APK di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

“Pj Gubernur juga menginstruksikan kepada jajaran Satpol PP DKI Jakarta agar proses penurunan APK dilakukan dengan efektif dan efisien. Jangan sampai ada yang tertinggal,” ujar Arifin sambil menambahkan pihaknya akan melakukan penurunan APK meski berada di posisi yang sulit dijangkau. “Kalau perlu kita mengerahkan alat berat crane untuk menciptakan APK di ketinggian,” tambahnya.

Arifin memastikan, bahwa APK sudah bersih pada masa tenang untuk menjaga situasi tetap kondusif pada Minggu (11/02) hingga Selasa (13/02) mendatang. “Masa tenang adalah masa tidak boleh ada aktivitas atau kegiatan berkampanye menjelang pemilihan umum. Sebanyak 2.300 personel kami kerahkan pada kegiatan tersebut. Penurunan APK ini kami lakukan dengan menyisir jalan-jalan lingkungan dan jalan protokol di Jakarta,” ujar Arifin.

Kegiatan penurunan APK bersinergi dengan berbagai unsur seperti walikota, camat, lurah, masyarakat, TNI/Polri, KPU, Bawaslu, serta tim perwakilan partai politik (parpol), tim calon legislatif (caleg), dan tim pasangan calon (paslon) lainnya. Hal ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2023.
Arifin menambahkan, armada operasional dari berbagai perangkat daerah seperti mobil crane juga digunakan untuk memudahkan jangkauan pada saat penurunan APK.

Adapun kegiatan dilakukan di jalan protokol yakni Jalan Medan Merdeka, Patung Tani, Jalan Thamrin-Sudirman, kawasan Semanggi, Jalan S. Parman, Jalan Rasuna Said, dan Jalan MT Haryono. Selain itu, penurunan APK juga menyasar jalan lingkungan, jembatan layang (flyover), jembatan penyeberangan orang (JPO), serta fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) lainnya di Jakarta. “Mari bersama kita ciptakan suasana yang tertib dan kondusif memasuki masa tenang dan menghadapi hari pemungutan suara Pemilu 2024,” pungkasnya. (Joko)

Tinggalkan Balasan