Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Terapkan Sistem Keuangan Berkelanjutan, Bank DKI Raih Penghargaan ESG Recognized Commitment

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Bank DKI selalu berkomitmen menerapkan sistem keuangan berkelanjutan dengan mengintegrasikan prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG) membuahkan hasil. Atas kinerja baik tersebut, BUMD milik Pemprov DKI Jakarta ini meraih penghargaan dari B-Universe sebagai pemenang kategori ESG Recognized Commitment pada gelaran Investor Daily ESG Appreciation Night.

Penghargaan tersebut diterima oleh Direktur Kepatuhan Bank DKI, Ateng Rivai pada acara yang berlangsung di Jakarta. “Saya ucapkan terimakasih atas penghargaan yang diberikan kepada Bank DKI. Apresiasi ini menjadi wujud komitmen kami dalam mengintegrasikan faktor lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan (ESG) ke dalam keputusan keuangan, termasuk di dalamnya peningkatan transparansi dalam laporan keuangan,” ujar Ateng usai menerima penghargaan, Kamis (29/2). Adapun penghargaan diberikan pada Selasa tanggal 27 Februari.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank DKI Amirul Wicaksono mengatakan, dalam kaitannya dengan penerapan ESG, Bank DKI memiliki peran strategis sebagai agen perubahan dalam mendukung visi keberlanjutan Pemprov DKI Jakarta. “Bank DKI tidak hanya berperan sebagai entitas bisnis semata, namun juga mengemban tanggung jawab dalam pelayanan publik dengan terus mengimplementasikan Program Keuangan Berkelanjutan dengan menghadirkan inovasi produk dan layanan yang mendukung lingkungan ekonomi, sosial, dan masyarakat,” ujar Amirul.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi menambahkan keberhasilan Bank DKI dalam raihan penghargaan menunjukkan komitmen terhadap prinsip ESG salah satunya dilakukan melalui program CSR unggulan, yakni Jakarta Koperasi Hidroponik (Jakonik). “Sebagai CSR unggulan Bank DKI, Jakonik dapat memberikan manfaat signifikan bagi komunitas sekitar dengan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan memberdayakan perekonomian lokal. Keberhasilan Jakonik telah memiliki sembilan kelompok yang tersebar di sembilan wilayah rusun di Jakarta,” tutupnya.

Komisaris Utama B-Universe Enggartiasto Lukita turut mengapresiasi kehadiran para pemimpin perusahaan yang dinilai menunjukkan komitmen perusahaan di bidang ESG. “ESG itu sudah ada undang-undangnya, yang diberlakukan nanti, dengan carbon tax pada 2025. Sebelumnya pada 2021, kemudian ditunda sampai dengan 2025. Itulah yang disatukan dalam satu kelompok agar menjadi satu kesatuan. Jadi lebih memudahkan bagi semua pihak untuk mendapatkan sertifikat sehingga tidak lagi terganggu dalam kegiatan usahanya,” ucap Enggartiasto.

Keberhasilan Bank DKI dalam meraih penghargaan ESG Recognized Commitment tersebut didasarkan pada sejumlah indikator penilaian, yakni dekomposisi risiko ESG dan skoring ESG report yang dilakukan oleh Litbang Investor Daily dengan dewan juri independen dan ahli di bidang ESG. Pengukuran apresiasi mengacu pada nilai yang dipublikasikan Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2023 yang memiliki risiko rendah, produk perusahaan yang sesuai dengan prinsip ESG, kegiatan sosial masyarakat yang dilakukan perusahaan, serta sertifikasi yang dimiliki perusahaan terkait bidang ESG. (Joko)

Tinggalkan Balasan