Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Dukung Program Jakarta Kota Global, Bank DKI Terus Kembangkan Layanan Digital

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Dalam upaya mendukung program mewujudkan Jakarta sebagai kota global, Bank DKI terus menginisiasi pengembangan produk dan layanan berbasis digital. Di antaranya melalui pengembangan JakOne Mobile kini dapat dilakukan sebagai pembayaran berbasis kartu JakCard, dukungan UMKM dengan sistem keagenan JakOne Abank, termasuk pembayaran terintegrasi moda transportasi dan lainnya.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi menjelaskan jumlah pengguna aplikasi JakOne Mobile mobile banking Bank DKI periode Q4 2023 mencapai 2,23 juta orang, tumbuh 12,11% (YoY) dibanding periode yang sama pada Q4 2022, dengan volume transaksi sebesar 29,62 juta transaksi dan nominal transaksi mencapai Rp 30,63 triliun. “Jumlah pengguna aplikasi JakOne Abank, pada Q4 2023 mencapai 4,99 ribu agen, tumbuh 170,42% (YoY) dibanding periode Q4 2022, dengan volume transaksi sebesar 3,18 juta transaksi dengan nominal transaksi Rp 1,72 triliun,” kata Arie di Jakarta, Jumat (29/3).

Sedangkan pengguna JakOne Merchant yang menyediakan layanan pembayaran secara real time menggunakan QRIS pada periode Q4 2023 mencapai 31,47 ribu merchant. “Angkanya mengalami pertumbuhan sebanyak 101,39% (YoY) dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, dengan volume transaksi sebesar 3,25 juta transaksi dan nominal Rp 533,55 miliar,” kata Arie. Terbaru, Bank DKI memperkenalkan Jakarta Tourist Pass yang berbasis kartu elektronik (JakCard Bank DKI) dan aplikasi (JakOne Pay Bank DKI) untuk mempermudah wisatawan mengakses layanan pariwisata di Jakarta.

“Jakarta Tourist Pass memiliki sejumlah fitur, yakni Maps yang menyajikan daftar lokasi destinasi wisata, fitur Event yang digunakan sebagai sumber referensi lokasi, waktu dan harga tiket destinasi wisata di Jakarta, fitur pembayaran dengan metode scan to pay, update balance, hingga Top Up JakCard. “Sedangkan kebutuhan tiket elektronik transportasi seperti KRL Commuter Line, Transjakarta, MRT Jakarta, LRT Jakarta, dan LRT Jabodebek, dapat diakses dengan JakCard Bank DKI,” paparnya.

Arie menyebut pihaknya terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik dan inovatif demi kenyamanan transaksi, serta mendukung sinergi dengan berbagai pihak dalam mewujudkan Jakarta sebagai kota global. “Produk dan layanan Bank DKI akan terus diperluas seiring dengan visi mendukung pertumbuhan Jakarta melalui pengembangan UMKM, kemudahan bertransaksi, dan mewujudkan sistem transaksi non-tunai,” pungkas Arie.

Di samping itu, Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah. Penghargaan ini diserahkan langsung kepasa Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank DKI Amirul Wicaksono pada gelaran 5th Anniversary Indonesia Best CEO Awards 2024, di Jakarta pada Kamis (21/03). Penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi kepada para Chief Executive Officer (CEO) dan pemimpin lembaga pemerintahan atau publik meliputi BUMN, BUMD, swasta nasional dan internasional. (Joko)

Tinggalkan Balasan