Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Layanan Suasana Mudik, Pj Gubernur DKI Heru Perintahkan Satpol PP Keliling Kampung Amankan Rumah Kosong

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Dalam rangka menjaga ketenteraman dan ketertiban wilayah selama libur Lebaran, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memerintahkan aparat Satpol PP untuk terjun lapangan keliling kampung. Patroli lingkungan perlu dilakukan karena banyak warga yang mudik dan meninggalkan rumahnya untuk beberapa waktu lamanya.

“Saya sudah memerintahkan petugas Satpol PP untuk secara bergilirian melakukan patroli lingkungan dari kampung ke kampung untuk menjaga ketertiban umum, terutama di rumah-rumah kosong,” kata Heru di Jakarta, Selasa (2/4). Seluruh anggota Satpol PP yang ada sedang bertugas harus keliling wilayah untuk menjaga ketentraman dan ketertiban di wilayah masing-masing. Patroli bisa juga dilakukan bersamaan dengan rekan Polri sehingga penjagaan keamanan makin mantap.

Hal tersebut disampaikan Heru sehubungan dengan adanya jutaan warga Jakarta yang akan mudik Lebaran dalam beberapa hari ke depan. “Lurah dan Camat agar mensosialisasikan kepada warga tentang keamanan wilayah saat mudik Lebaran. “Para pemudik yang meninggalkan rumahnya agar terlebih dahulu mematikan aliran listrik untuk mencegah kebakaran akibat korsleting serta memberitahukan kepada RT/RW setempat,” imbau Heru.

Selain itu, Heru juga mengimbau kepada warga yang mudik Lebaran untuk tidak meninggalkan barang berharga di rumah. “Warga jangan meninggalkan barang berharga di rumah. Titipkan kepada saudara yang tidak pulang ke kampung halaman. Adapun kendaraan mobil atau motor bisa dititipkan di kantor kelurahan, kecamatan, ataupun kepolisian. Penitipan kendaraan selama mudik Lebaran, sama sekali tidak dipungut biaya,” ucap Heru.

Ia sudah berpesan kepada Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin untuk melaksanakan tugas tersebut dengan sebaik-baiknya. “Para petugas Satpol harus diatur secara bergiliran untuk melakukan patroli lingkungan, baik siang maupun malam,” tandasnya.

Momen mudik Lebaran tahun 2024 ini, Pemprov DKI Jakarta juga menggelar program mudik gratis dengan menyiapkan sekitar 250 unit angkutsn Bus AKAP dan 20 truk menuju ke sejumlah daerah di Jabar, Jateng dan Jatim. Hingga saat ini warga yang sudah mendaftar mencapai 18 ribu orang sesuai dengan jumlah kuota yang disediakan. Jika dalam beberapa hari ini masih banyak warga yang membutuhkan program mudik gratis, maka ada kemungkinan Dishub DKI Jakarta akan menambah lagi jumlah bus. (Joko)

Tinggalkan Balasan