Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Mulyanto Minta Pemerintah Tak Terburu-buru Ekspor Listrik EBET ke Singapura

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto meminta pemerintah tidak terburu-buru mengambil keputusan soal ekspor listrik ke Singapura.

Mulyanto menyebut pemerintah sebaiknya fokus meningkatkan capaian bauran EBET di dalam negeri lebih dulu sebelum mengekspor ke negara lain.

“Apalagi hingga saat ini bauran EBET masih minim, sekitar 35-40 persen dari total bauran yang diharapkan, bahkan target tersebut akan dikurangi,” kata Mulyanto kepada para wartawan, Rabu (1/5/2024).

Mulyanto mengingatkan pemerintah untuk lebih dulu memprioritaskan keperluan domestik.

“Ini kan lucu, belum apa-apa sudah akan ekspor. Kenapa ngebet ekspor? Ini kan terkesan menjadi sekedar berorientasi bisnis dan tidak tepat bagi ketahanan energi nasional. Kecuali kita sudah surplus listrik EBET,” ujar Wakil Ketua F-PKS bidang Industri dan Pembanguan ini.

Mulyanto menuturkan, dalam draft RUU EBET yang tengah dibahas di DPR, prioritas EBET itu untuk keperluan domestik, bukan untuk ekspor.

‘DPR ingin pemerintah fokus pada proses produksi, distribusi dan transisi listrik batu bara ke listrik EBET secara baik dan terarah. Dalam pembahasan RUU EBET sama sekali tidak dibahas mengenai ekspor,” tutur Anggota Baleg DPR RI ini.

Legislator asal Dapil Banten 3 ini pun mendesak pemerintah jangan loncat ke masalah yang belum pernah dibicarakan dengan DPR RI.

“Karena urusan ekspor energi jangan hanya dilihat dari kaca mata bisnis saja, tapi yang utama harus ditelaah dari sudut pandang ketahanan energi nasional,” pungkas Mulyanto.

Sebelumnya diberitakan pemerintah akan mengekspor listrik EBET ke Singapura. Keputusan tersebut disampaikan usai Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Perdana Menteri Singapura pekan lalu. (Daniel)

Tinggalkan Balasan