Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Sudah Jadi Endemi, Melki Laka Lena: Covid-19 Tak Perlu Ditakuti

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Melonjaknya jumlah penderita Covid-19 di Singapura ditambah lagi munculnya 2 varian baru Covid-19 yakni KP-1 dan KP-2 membuat banyak kalangan di Tanah Air menjadi waspada.

Menyikapi hal itu, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emmanuel Melkiades Laka Lena menyatakan, hal tersebut tidak perlu ditakuti lantaran Covid-19 bukan lagi menjadi sebuah pandemi melainkan hanya sebatas endemi.

“Jadi saat ini kan Covid sudah ditetapkan WHO bukan lagi sebagai pandemi. Jadi Covid ini saat ini bukan lagi hal yang sangat luar biasa,” kata Melki kepada para wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/5/2024).

Yang penting, imbuh Melki, Covid-19 ini bisa diantisipasi oleh faskes dan apabila angka penularan penyakit ini meningkatkan di periode tertentu maka hal itu bukan lagi sebuah ancaman.

“Jadi kalau orang sakit itu kalau faskesnya bisa tangani itu kan aman. Kalaupun naik pada periode tertentu tinggal diurus saja. Jadi bukan lagi hal yang mengkhawatirkan,” tegas Politisi Partai Golkar.

Melki menyebut, sejauh seseorang tidak masuk RS, berarti vaksinasi Indonesia sukses.

“Jadi tidak perlu khawatir kalau angka penderita si Singapura naik, kalaupun ada varian baru ya kita antisipasi seperti biasa seperti penyakit lainnya. Jadi bukan lagi pandemi, sudah seperti flu dan lainnya,” tutup Melki Laka Lena. (Daniel)

Tinggalkan Balasan