Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Rakernas PDIP Tanpa Jokowi, Djarot: Pelanggar Konstitusi Bukan Keluarga PDIP

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan menggelar rapat kerja nasional atau Rakernas V di kawasan Ancol, Jakarta Utara, mulai hari ini, Jumat (24/5/2024).

Rakernas PDIP tersebut akan berlangsung tanpa kehadiran Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP Djarot Saiful Hidayat menyatakan, agenda ini hanya diperuntukkan untuk internal partai.

Hal ini disampaikannya merespons pertanyaan mengapa Presiden Jokowi tak diundang Rakernas.

“PDIP itu satu partai ideologis, di mana Ibu Megawati Soekarnoputri Ketua Umum (PDIP) selalu kokoh berdiri menyuarakan kebeneran, untuk melaksanakan konstitusi dan ideologi. Itulah yang digembleng oleh beliau kepada seluruh kadernya,” ujar Djarot dalam konferensi pers jelang pembukaan Rakernas V PDIP di Beach City International Stadium (BCIS), Ancol, Jakarta Utara seperti dikutip Tempo, Jumat (24/5/2024).

Menurut Djarot, apabila ada anggota partai yang melanggar konstitusi sekaligus etika dan moral, maka orang tersebut sudah bukan bagian dari keluarga besar PDIP.

“Karena sudah bertentangan bukan hanya pada AD/ART partai, tapi pada konstitusi negara,” tutur Djarot.

Oleh karena itu, Djarot menyebut, orang-orang yang diundang adalah para sahabat, cendikiawan, akademisi, civil society, budayawan, hingga masyarakat pro demokrasi.

“Yang betul-betul berjuang menegakkan demokrasi yang jujur, adil, yang konstitusional, dan bermartabat,” kata Djarot.

Oleh karena itu, tutur Djarot, orang-orang yang diundang adalah para sahabat, cendikiawan, akademisi, civil society, budayawan, hingga masyarakat pro demokrasi.

“Yang betul-betul berjuang menegakkan demokrasi yang jujur, adil, yang konstitusional, dan bermartabat,” ucap Djarot.

Sementara itu, Jokowi enggan berkomentar mengenai keputusan PDIP tidak mengundangnya ke Rakernas.

Dirinta juga menolak untuk merespons secara tegas sikap PDIP yang tidak menganggapnya sebagai kader.

“Ditanyakan ke yang mengundang. Jangan ke saya,” kata Jokowi di posko pengungsian Batu Taba, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Selasa (23/5/2024).

Warta teranyar, Istana Kepresidenan mengungkapkan Jokowi tengah melakukan kegiatan internal di Istana Yogyakarta saat PDIP menggelar Rakernas pada hari ini. (Daniel)

Tinggalkan Balasan