Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

BPJS Ketenagakerjaan Salemba Sosialisasikan Manfaat ke DPP FSB GARTEKS SBSI

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Salemba bersama Dewan Pengurus Pusat Federasi Serikat Buruh Garment Kerajinan Tekstil Kulit dan Sentra Industri Serikat Buruh Seluruh Indonesia (DPP FSB GARTEKS SBSI) bersinergi dalam sosialisasi manfaat perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Jakarta Pusat, pada Mei 2024 ini.
Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Salemba Brian Aprinto, menyatakan sosialisasi yang dilakukan untuk memberikan penyegaran kembali terkait seluruh program BPJS Ketenagakerjaan dan masih dalam nuansa peringatan Hari Buruh Internasional pada Mei ini.

“Harapannya semua unsur pemberi kerja dan pekerja sadar akan pentingnya manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan”, ujar Brian. Dalam sosialisasi tersebut disampaikan manfaat dari lima program yang disediakan untuk tenaga kerja formal yaitu yaitu JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja), JKM (Jaminan Kematian), JHT (Jaminan Hari Tua), JP (Jaminan Pensiun) dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).
Program JKK memberikan perlindungan kepada pekerja dari saat berangkat, aktivitas selama bekerja hingga pekerja kembali ke rumahnya. “Apabila pekerja meninggal dunia akibat kecelakaan kerja mendapatkan santunan kematian sebesar 48 kali upah dan manfaat beasiswa pendidikan untuk 2 orang anak senilai Rp174 juta dari TK hingga perguruan tinggi,” ungkap Brian.
Kemudian Program JKM juga memberikan santunan kematian sebesar Rp42 juta kepada ahli waris. Agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak ketika peserta BPJS Ketenagakerjaan meninggal dunia.
Salah satu poin penting yang disampaikan kepada pekerja/buruh yaitu manfaat Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP). “Peserta mendapat manfaat uang tunai, akses informasi pasar kerja dan pelatihan kerja bagi pekerja/buruh yang terdampak risiko pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dapat memberikan tambahan kompetensi dan keterampilan untuk mendapatkan pekerjaan kembali,” tutur Brian.
Sementara itu Ketua DDPP FSB GARTEKS SBSI Tris Nur Priyanto menyatakan ke depannya akan menjadi prioritas utama untuk memperhatikan kesejahteraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dari para kadernya. (Dani)

Tinggalkan Balasan