Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

BPJS Ketenagakerjaan Cetak Agen BRILink Jadi Mitra Kerja Andal

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Sebanyak 37 agen BRILink binaan BRI Cabang Jelambar mengikuti sosialisasi program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) yang digelar oleh Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Grha BPJamsostek di Jakarta. Para agen BRILink tersebut dicetak sebagai perpanjangan tangan BPJS Ketenagakerjaan yang andal di lapangan.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Grha BPJamsostek Andry Rubiantara, mengatakan target sosialisasi tersebut adalah menjadikan setiap agen BRILink langsung bisa melayani pendaftaran calon peserta dan membayarkan iuran rutin peserta setiap bulan.
Tidak hanya itu, para agen juga diberikan literasi manfaat Program Jamsostek. Tujuannya agar agen dapat mempromosikan kepada para pelanggan yang belum menjadi peserta agar mendaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. ”Begitu pula untuk para pelanggan BRILink yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan tidak perlu ke mana-mana lagi untuk mendapatkan layanan pembayaran iuran untuk menjaga manfaat perlindungan selalu aktif,” ujar Andry.
Menurut Andry, para agen BRILink tersebut diharapkan dapat memperluas kepesertaan program Jamsostek terutama untuk kelompok pekerja informal atau bukan penerima upah (BPU). Andry melanjutkan, untuk besaran iuran BPU adalah Rp16.800 per bulan untuk dua program, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Bila ingin mendaftar dengan tiga program yaitu cukup menambah iuran Jaminan Hari Tua (JHT) Rp20 ribu, maka total iuran menjadi Rp36.800 per bulan.
Manfaat JKK adalah pemenuhan seluruh kebutuhan medis peserta yang mengalami kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja sampai sembuh dan kembali bekerja. Manfaat ini tidak memiliki batas atas penjaminan alias unlimited. ”Peserta terus diberikan layanan pemulihan tanpa ada batas biaya dan ada tanpa batas waktu serta tetap digaji jika dirawat berbulan-bulan sampai sembuh,” kata Andry.
Untuk manfaat JKM memberikan manfaat kepada ahli waris berupa uang tunai santunan kematian, santunan berkala, biaya pemakaman, dan beasiswa pendidikan untuk dua anak. ”Program perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dari kelompok BPU ini adalah program yang sangat menarik karena dengan iuran yang sangat murah peserta mendapatkan manfaat yang sangat besar. Ketika agen dapat menyampaikan program ini dengan baik kami yakin pekerja di sektor BPU ini akan langsung menerima dan mendaftar menjadi peserta,” cetus Andry. (Dani)

Tinggalkan Balasan