Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Polresta Bandara Soetta akan Kembali Gelar Layanan SIM Keliling

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Polresta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) akan kembali menggelar layanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi atau SIM Keliling. Hal itu dijadwalkan setelah mereka sukses menggelar layanan tersebut pada Rabu kemarin (29/5/2024).

Kepala Seksi Humas Polresta Bandara Soetta, Ipda Teguh Siswantoro menyatakan pelayanan SIM Keliling kedua itu akan digelar dalam waktu dekat. Hanya saja, dia belum bisa menyebutkan waktu pastinya karena masih harus berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah Metro Jaya.

“Kita tunggu kuota karena alatnya dari Polda (Metro Jaya),” ujar Teguh kepada wartawan, Kamis (30/5/2024).

Dalam layanan SIM Keliling kemarin, Polresta Bandara Soetta menyiapkan 500 berkas blangko. Jumlah tersebut langsung ludes karena tingginya animo dari masyarakat.

“Kami menyerap aspirasi dan akan menyiapkan sesuai permintaan pada periode berikutnya,” kata Wakapolres Bandara AKBP Ronald Sipayung, Kamis (30/5/2024).

Ronald menceritakan masyarakat yang mengikuti layanan itu merupakan para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan karyawan swasta di lingkungan Bandara Soekarno Hatta. Selain itu, ada juga masyarakat umum yang akan bepergian melalui bandara tersebut.

“Kami mensosialisasikan di seluruh terminal bagi penumpang pesawat untuk melakukan perpanjangan SIM, kami sediakan fasilitas,” ujar Ronald.

Kegiatan itu, kata Ronald, merupakan salah satu bagian transformasi pelayanan publik Polresta Bandara Soetta untuk memberikan pelayanan yang baik, mudah dan cepat kepada masyarakat dalam mengurus SIM.

Persyaratannya cukup mudah, masyarakat hanya menyiapkan KTP dan SIM yang akan diperpanjang. Dengan kelengkapan yang ada itu akan membantu petugas untuk bisa lebih cepat merespons.

Ronald mengungkapkan, pada kesempatan itu pihaknya juga menyediakan tenaga yang melayani, mulai dari pendaftaran, pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan psikologi.

“Semua sudah terbiasa sehingga prosesnya bisa lebih cepat kita berikan dan masyarakat pun bisa terlayani dengan baik dan puas,” kata Ronald yang didampingi Kasat Lantas Polresta Bandara Soetta, Komisaris Polisi Bernard Bachtera Saragih.

Kapolresta Bandara Soetta, Kombes Roberto Pasaribu mengatakan pelayanan perpanjangan SIM keliling tersebut selaras dengan arahan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto.

“Arahan Bapak Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto, agar kegiatan kemasyarakatan dalam pelayanan kepolisian serta komunikasi interaksi ke masyarakat agar terus dilaksanakan,” ujarnya saat diwawancarai secara terpisah.

AKBP Roberto berharap inovasi pelayanan kepolisian yang diberikan pihaknya bermanfaat bagi masyarakat di Bandara Soetta.

“Mari bersama-sama kita jadikan Bandara Soetta sebagai rumah bersama yang aman dan nyaman serta damai,”kata Roberto, seraya menyebut situasi kamtibmas di Bandara Soetta hingga saat ini berlangsung kondusif.

Karyawan perusahaan ekspedisi di Bandara Soetta bernama Iwan megaku pelayanan SIM Keliling itu sangat membantunya. Pasalnya, selama ini dia kesulitan untuk memperpanjang SIM karena tak mendapatkan libur di hari kerja.

“Saya sering bingung mengatur waktu manakala SIM habis masa berlaku. Dengan adanya Layanan SIM keliling ini maka saya tak perlu cuti bekerja mengurus perpanjangan SIM, terimakasih Polres Bandara,” kata Iwan. (Amin)

Tinggalkan Balasan