Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Sambangi 117 Penampungan, Dinas KPKP DKI Telah Periksa Kesehatan 10.253 Ekor Hewan Kurban

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta telah melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di 117 lokasi penampungan. Sebanyak 10.253 ekor hewan terdiri dari sapi, kerbau, kambing dan domba sudah diperiksa kesehatannya.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan dalam rangka menyambut Hari Raya Iduladha, pihaknya telah mengerahkan sedikitnya 100 petugas pemeriksa kesehatan hewan kurban. “Petugas telah menyambangi ratusan lokasi penampungan hewan di berbagai di seluruh wilayah Jakarta,” kata Suharini kepada wartawan di Jakarta, Senin (3/6).
Para petugas pemeriksa di lima suku dinas (sudin) telah melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban sejak tanggal 1 Mei 2024. “Tercatat 117 lokasi tempat penampungan hewan kurban di Jakarta per tanggal 31 Mei 2024. Sebanyak, 10.253 ekor hewan kurban yang terdiri dari sapi, kerbau, kambing dan domba sudah diperiksa kesehatannya,” papar Suharini.

Menurutnya saat ini seluruh petugas teknis yang ada di wilayah telah dikerahkan untuk melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban yang sudah masuk. Secara keseluruhan hewan kurban pada kondisi sehat dan memenuhi syarat sebagai hewan kurban,” ujar Suharini.

Ia menyampaikan, sebagian besar hewan kurban yang masuk Jakarta berasal besar berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta sebagian lagi dari Lampung. “Ada beberapa ekor hewan kurban dari luar daerah yang telah masuk Jakarta mengalami stres akibat perjalanan panjang dengan kondisi cuaca panas. Namun setelah diberi vitamin, hewan tersebut sehat kembali,” jelas Suharini.

Dinas KPKP DKI Jakarta juga bekerja sama dengan Balai Veteriner Subang untuk pengujian sampel darah memastikan bahwa hewan ternak kurban di Jakarta bebas dari penyakit zoonosa. :Hewan kurban yang mengalami stres perjalanan kami berikan obat-obatan dan vitamin. Sampai sekarang ada enam ekor yang kami temukan dengan keluhan sakit mata, diare dan sesaat susah untuk berdiri. Namun, tidak ditemukan kasus hewan kurban yang terjangkit antraks hingga saat ini,” kata Eli.

Ia memprediksi tempat penampungan dan jumlah hewan kurban di Jakarta akan terus bertambah. Pasalnya, dalam dua tahun terakhir Jakarta membutuhkan kurang lebih 61.000 ternak kurban, utamanya sapi dan kambing. “Dinas KPKP DKI Jakarta telah melakukan koordinasi secara internal maupun ekeksterl,” sambungnya. Pihaknya juga memastikan seluruh hewan kurban yang masuk ke Jakarta sehat dan dilengkapi dokumen administrasinya. “Koordinasi internal salah satunya dengan Dinas PMPTSP DKI Jakarta karena mereka yang menerbitkan izin pemasukan hewan ke Jakarta,” pungkas Suharini. (Joko)

Tinggalkan Balasan