Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Raker dengan Komisi IX DPR, Kemenkes Pastikan Penerapan KRIS Tak Membuat RS Kekurangan Jumlah Tempat Tidur

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan penerapan kelas rawat inap standar (KRIS) BPJS Kesehatan tidak akan membuat rumah sakit (RS) kehilangan jumlah tempat tidur.

Hal itu ditegaskan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi IX DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024).
“Jadi memang implementasi KRIS yang dilakukan dan memberikan kekhawatiran akan kehilangan jumlah tempat tidur berdasarkan bed occupation rate (BOR) yang berlaku ini tidak akan terjadi,” kata Dante.

Kemenkes melaporkan jumlah rumah sakit yang sudah dinyatakan siap dan memenuhi 12 kriteria KRIS yang ditetapkan pemerintah telah mencapai 79,05% atau sebanyak 2.316 rumah sakit.

Dari jumlah tersebut, sebut Dante, Kemenkes mengestimasikan yang tidak mengalami kehilangan tempat tidur ada sebanyak 609 rumah sakit.

Dante menambahkan, yang mengalami kehilangan tempat tidur 1-10 ada sebanyak 292 rumah sakit dan sisanya kehilangan dalam jumlah sedikit.
“Kita hitung dari evaluasi apakah pemberlakuan kriteria KRIS ini akan menurunkan jumlah pasien dan tempat tidur yang digunakan, kami mengidentifikasi estimasi kehilangan tempat tidur itu sama sekali sedikit. Karena BOR di RS itu sekitar 30%-50%,” tukas Dante Saksono Harbuwono. (Daniel)

Tinggalkan Balasan