Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Idul Adha 2024, Puan Ajak Masyarakat Bergotong-royong dan Tingkatkan Kepedulian Sesama

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Ketua DPR RI Puan Maharani mengucapkan selamat merayakan Idul Adha 1445 Hijriah kepada seluruh masyarakat Indonesia. Puan pun mengajak masyarakat untuk memaknai Hari Raya Idul Adha 2024 dengan semangat gotong royong, sekaligus sebagai momen untuk meningkatkan kepedulian kepada sesama.

“Selamat Idul Adha 1445 Hijriah kepada seluruh umat Islam. Lewat semangat Idul Adha, mari kita tingkatkan gotong royong, dan kepedulian untuk membantu sesama, terlebih bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan,” kata Puan, Senin (17/6/2025).

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini juga menilai, Idul Adha dapat menjadi momen untuk memperkuat rasa solidaritas dan persaudaraan antar-umat beragama.

Menurut Puan, solidaritas sangat dibutuhkan di tengah banyaknya tantangan yang dihadapi bangsa.

“Selain sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT atas rasa syukur dan untuk meningkatkan iman dan takwa, memberi kurban di hari raya Idul Adha dapat menjadi simbol keikhlasan dalam berbagi untuk sesama,” ujar Puan.

“Ibadah kurban oleh umat muslim yang mampu juga sebagai bagian dari toleransi karena hewan kurban disumbangkan mayoritas ditujukan untuk saudara-saudara kita yang kekurangan dari sisi ekonomi, sekaligus sebagai bentuk kebaikan dengan berbagi nikmat dan kebahagiaan untuk saudara, tetangga, dan lingkungan terdekat,” lanjut Puan.

Puan berharap, umat Muslim di Tanah Air dapat semakin meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT di momen Idul Adha.

“Hari Raya Idul Adha juga menjadi kesempatan bagi umat Muslim untuk memperteguh nilai-nilai sosial dan kepedulian terhadap sesama, serta merefleksikan nilai-nilai kemanusiaan,” tutur cucu Bung Karno tersebut.

Idul Adha pun, tutur Puan, menjadi tanda telah selesainya rangkaian Ibadah Haji di Tanah Suci.

“Semoga seluruh rangkaian Ibadah Haji para jamaah Indonesia berjalan lancar dan jamaah dapat kembali pulang ke Tanah Air dengan selamat, serta menjadi Haji Mabrur,” ucap Puan.

Lebih lanjut Puan menyoroti Ibadah Haji 2024 yang menurut laporan tim pengawas (timwas) Haji DPR RI, pelaksanaan tahun ini relatif tidak ada insiden signifikan seperti tahun sebelumnya.

Walau begitu, Puan mendapat laporan masih diperlukannya peningkatan kualitas pelayanan Ibadah Haji Indonesia.

“Meskipun pelaksaan Ibadah Haji tahun ini lebih kondusif dibanding tahun lalu, tapi kualitas pelayanan bagi jamaah harus terus ditingkatkan,” tegas mantan Menko PMK itu.

Menurut Puan, Timwas Haji DPR RI masih menemukan banyak kebijakan yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan haji.

“Beberapa aspek yang menjadi perhatian Timwas Haji DPR RI di antaranya terkait dengan manajemen kuota haji, petugas haji, dan anggaran haji,” ujar Puan

Oleh karenanya, Timwas Haji DPR berencana membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk mengevaluasi penyelenggaraan Ibadah Haji 2024. Tujuannya adalah agar pelayanan kualitas haji ke depan bisa semakin lebih baik, karena evaluasi yang dilakukan secara komprehensif dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan dari pelaksanaan Ibadah Haji Tahun ini.

“DPR RI akan mendengar laporan resmi dari Timwas Haji. Dan tentunya kami DPR akan mendukung langkah-langkah yang harus dilakukan sepanjang untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan efisiensi pelaksanaan ibadah haji,” tutup Puan Maharani. (Daniel)

Tinggalkan Balasan