Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Banyak Penerima Bansos Tak Tepat Sasaran, Risma Seharusnya Mundur Sebagai Mensos

Oleh: Jamiluddin Ritonga *)

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa mengungkapkan, 46 persen penerima bantuan sosial (bansos) tidak tepat.

Temuan tersebut tentu mengejutkan, karena selama ini Kementerian Sosial (Kemensos) terus memperbaharui data orang miskin. Setidaknya persoalan itu sudah terus dilakukan sejak Tri Rismaharini mulai menjadi Menteri Sosial (Mensos) sejak 23 Desember 2020.

Karena itu, layak dipertanyakan hasil pembaruan data orang miskin yang dilakukan selama Risma menjadi Mensos. Padahal, setiap pembaruan data selalu menggunakan dana APBN yang tidak sedikit.

Jadi, kalau 46 persen penerima bansos tidak tepat sasaran, tentu hal itu menjadi tanggung jawab Mensos Risma. Sebab, jumlah tersebut sangat besar yang sulit diterima akal sehat.

Banyaknya penerima bansos tidak tepat sasaran menjadi indikasi kuat kegagalan Risma dalam menyalurkan bansos. Ini artinya, Risma seharusnya bertanggung jawab atas kegagalan tersebut

Untuk itu, Risma seharusnya mundur sebagai Mensos. Itu konsekuensi sebagai tanggung jawab moral dan politisnya terhadap rakyat Indonesia, khususnya rakyat tidak mampu. (Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul dan Dekan Fikom IISIP 1996-1999  *)

Tinggalkan Balasan