Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Kejati DKI Bersinergi dengan Dukcapil, Upayakan Akselerasi Layanan Kependudukan di Jakarta

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Dinas Dukcapil DKI Jakarta dengan bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta menjalin kerjasama dalam program penerbitan Akta Kelahiran serta Kartu Identitas Anak (KIA) hingga ke rumah-rumah panti serta anak terlantar. Hal ini merupakan upaya dukungan stakeholder untuk Jakarta menuju Kota Global.

Sebagaimana yang sebelumnya telah disampaikan oleh Kepala Kejati DKI Jakarta Dr. Rudi Margono, SH M.Hum bahwa pihaknya bersinergi dengan Dinas Dukcapil DKI Jakarta dalam rangka akselerasi program kepemilikan Akta Kelahiran bagi seluruh warga DKI tanpa terkecuali.

“Kepemilikan Akta Kelahiran merupakan bentuk perlindungan dan pengakuan hak sipil warga negara. Hal ini guna mengantisipasi atas korban tindak kriminalitas seperti perdagangan anak, eksploitasi hingga pernikahan dini. Oleh karenanya identitas ini merupakan hak yang wajib diwujudkan oleh negara,” ujar Rudi usai acara perjanjian kerja sama. Atas kerja sama tersebut Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono memberikan penghargaan kepada Kajati Rudy, Senin (24/6).

Rudi membenarkan sinergitas dengan Pemprov DKI Jakarta pada bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) “Saat ini Kejati sedang mendalami dan kami rintis bersama dengan Bapak Badrut Tamam, selaku Asisten Datun. Sinergitas atas layanan administrasi kependudukan dikerjakan oleh Dinas Dukcapil, Dinas Sosial DKI Jakarta dan Bidang Datun Kejati DKI. Kegiatan ini berdasarkan tugas dan fungsi Kejaksaan RI sesuai UU No. 16/2004 yang telah diperbaharui menjadi UU No.11/2020 tentang Kejaksaan RI,” katanya.

Akta Kelahiran telah menjadi syarat wajib dalam pendaftaran dan ujian sekolah, pengurusan paspor, hingga pencatatan perkawinan dan pengurusan hak waris di kemudian hari. Di samping itu Kejati DKI bersama Dukcapil DKI juga akan bersinergi dalam menuntaskan permasalahan pernikahan melalui Isbat Nikah. “Jakarta Barat sebagai pilot project. Karena secara tidak langsung legalitas ini banyak mempengaruhi kepemilikan Akta Kelahiran,” ucap Badrut Tamam yang juga menjabat sebagai Plh. Kejari Jakarta Barat.

Layanan turun langsung kepada simpul-simpul warga yang membutuhkan ini merupakan upaya dalam mendukung salah satu program unggulan Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta dalam meningkatkan ekonomi, kualitas hidup, serta memelihara lingkungan demi kesejahteraan dan kompetensi warga. “Semoga niat baik ini dapat dicontoh oleh para Kajari lain di lima wilayah se-Jakarta Raya,” tambah Badrut Tamam

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta Budi Awaluddin mengucapkan Selamat kepada Kepala Kejati DKI Jakarta Dr. Rudi yang telah berhasil mengimplementasikan kebijakan strategisnya sehingga mendapatkan penghargaan dari Pemprov DKI Jakarta atas kinerjanya di bidang Datun saat peringatan HUT ke-497 di Monas atas keberhasilan pengembalian aset milik BUMD DKI Jakarta.

“Saya akan berupaya menuntaskan masalah kependudukan. Institusi yang saya pimpin saat ini adalah amanah, tidak akan saya sia-siakan dan ini merupakan kesempatan saya untuk menata administrasi kependudukan yang lebih baik. Semoga pendampingan hukum keperdataan dan tata usaha negara oleh Kejari DKI dapat memberikan atmosfir baik pada urusan kepedudukan. Sehingga ke depan cita-cita, kemajuan dan kesuksesan anak bangsa, tidak boleh lagi terhalang administrasi kependudukan,” tutup Budi. (Joko)

Tinggalkan Balasan