Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Keren! UNSIA Gelar Wisuda Gunakan Metaverse

JAKARTA – Perguruan tinggi swasta Cyber pertama, Universitas Siber Asia (UNSIA) menggelar wisuda perdananya, Minggu (23/6). Wisuda dilakukan secara hybrid, dimana wisudawan dilantik secara onsite dan juga online, serta menggunakan teknologi metaverse dan virtual reality.

Wisuda ini menjadi tonggak sejarah penting bagi perjalanan UNSIA, yang diresmikan oleh Wakil Presiden RI, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, pada tahun 2020. UNSIA melantik 53 orang wisudawan dari 5 program studi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)pada jenjang S1 yang berbeda, yaitu Manajemen, Akuntansi,

Sistem Informasi, Informatika dan Komunikasi. Tiga diantaranya wisudawan yang hadir secara online, merupakan warga negara Indonesia yang saat ini berdomisili di Korea Selatan.

Rektor dan jajaran pimpinan menggunakan teknologi metaverse, untuk melantik mahasiswa di program studi informatika yang berdomisili di Korea Selatan.

Pada saat pelantikan, rektor dan jajaran menggunakan alat virtual reality (VR) yang disematkan di kepala dan tangannya. Pelantikan secara metaverse ini disaksikan oleh seluruh peserta yang hadir dalam wisuda perdana UNSIA.

‘’Kami sangat bangga kepada para wisudawan yang dilantik hari ini, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan juga luar negeri. Hal ini sejalan dengan visi dan misi UNSIA untuk mendukung program pemerintah, yaitu untuk meningkatkan jumlah usia produktif lulusan SMA/SMK dan se-derajat yang melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi,” jelas rektor UNSIA, Prof. Jang Youn Cho.

Ia mengungkapkan, penggunaan teknologi metaverse ini merupakan bentuk komitmen universitas cyber untuk selalu menghadirkan teknologi terkini yang mendukung pembelajaran di UNSIA di era Cyber Society.

“Ini wujud komitmen kami dalam menghadirkan teknologi terkini,” tukasnya.

Ia menambahkan, UNSIA akan segera menambah program studi baru di jenjang S1 dan S2, yaitu dengan membuka Magister Administrasi Bisnis, Komputer dan Komunikasi serta program studi S1 PJJ Bahasa Korea. UNSIA pun terus melakukan kolaborasi dan kerjasama dengan berbagai institusi di luar negeri.

“Hal ini guna mendukung cita-cita menjadi Universitas yang terkemuka di kawasan ASEAN, dan menjadi hub atau penghubung universitas Cyber di kawasan Asia,” bebernya.

Pada wisuda kali ini, wisudawan mendapatkan pembekalan dari Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pada periode tahun 2014-2019 Prof. H. Mohamad Nasir yang hadir sebagai keynote speaker. Dalam sambutannya, Prof Nasir menyampaikan bahwa Universitas harus memiliki langkah strategi untuk menyikapi tantangan di era industri 4.0 dan era society 5.0.

‘’Perguruan Tinggi harus berdaya saing dalam bidang perubahan & pembaruan pendidikan yang mengkombinasikan keunggulan akademik, kebutuhan pasar dan kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Kemudian yang kedua, keunggulan penelitian, publikasi dan sitasi dan Ketiga, kerjasama/sinergi dengan industri, pemerintah, asosiasi profesi, lembaga pendidikan dan pengujian di dalam dan luar negeri termasuk pertukaran dosen dan mahasiswa.

“Keempat, akreditasi peningkatan mutu secara berkelanjutan serta kelima adalah akreditasi nasional dan internasional untuk menuju kampus Word Class University,’’ tutur pria yang juga staf khusus Wakil Presiden Republik Indonesia bidang Reformasi Birokrasi periode 2019-2024.

Sementara itu, Kepala Lembaga Layanan Pendididkan Tinggi (LLDikti) wilayah III Prof. Dr. Toni Toharudin yang hadir saat wisuda turut memberikan pesan kepada para wisudawan UNSIA.

“Saat ini lulusan perguruan tinggi menyumbang sekitar 10% angka pengangguran dari total pengangguran terbuka pada tahun 2022 sebesar 9 juta. Untuk itu, wisudawan harus berjuang menunjukkan kemampuannya yang maksimal, dan perguruan tinggi juga harus menyelaraskan kurikulum pendidikannya dengan perkembangan dunia industri,’’ tegasnya.

Di kesempatan yang sama, Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia Lee Sang-deok mengucapkan selamat dan motivasi kepada wisudawan UNSIA melalui video sambutan.

“Saya ingin mengucapkan selamat atas keberhasilannya, Sesuai dengan misi universitas, saya yakin bahwa Anda akan memberikan kontribusi yang besar bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi revolusi industri ke-4,’’ pungkasnya. (Np)

Tinggalkan Balasan