Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Pertemuan Diinisiasi Pemprov DKI, Dinas Lingkungan Hidup se-Daerah Aglomerasi Dukung Perbaiki Udara di Jakarta

JAKARTANEWS.ID – BEKASI: Dalam upaya antisipasi pencemaran udara di daerah aglomerasi, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menggalang sinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup di Bodetabek. Pertemuan dari sejumlah perwakilan pemerintah dari daerah aglomerasi berlangsung di Cibubur, Bekasi, Jawa Barat.

Agenda ini dihadiri oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), DLH Provinsi Jawa Barat, DLH Provinsi Banten, serta DLH Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Asep Kuswanto menjelaskan bahwa Jakarta memiliki amanat untuk bersinergi dalam perencanaan lingkungan hidup di wilayah aglomerasi guna mendukung transformasi Jakarta sebagai kota global. “Sebagai pusat perekonomian Indonesia berskala global, Jakarta harus didukung oleh kondisi perudaraan yang sehat. Untuk mewujudkan hal ini butuh bantuan dari wilayah aglomerasi,” kata Asep. Kerja sama antara DLH menjadi sangat penting untuk mengatasi masalah polusi udara yang saling terkait di wilayah aglomerasi Jakarta.

Sebelumnya, pada 5 Juni 2023, kota dan kabupaten di Jabodetabek menandatangani kesepakatan bersama untuk memperbaiki kualitas udara. Kesepakatan ini diinisiasi oleh Pemprov DKI Jakarta dan mencakup beberapa poin penting, seperti pembentukan Pokja Perlindungan Nasional untuk Udara sebagai forum akselerasi perbaikan kualitas udara, serta penyusunan strategi pengendalian pencemaran udara terpadu di masing-masing wilayah administrasi.

Selain itu, percepatan kegiatan uji emisi kendaraan bermotor juga menjadi salah satu pembahasan. “Dalam hal ini, pengelolaan data terpadu melalui aplikasi SIUMI milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sangat membantu dalam memantau dan mengevaluasi kualitas udara,” jelasnya.

Inventarisasi emisi di masing-masing wilayah serta pertukaran data juga menjadi bagian dari upaya sinergi ini. “DLH DKI Jakarta juga siap untuk melaksanakan uji emisi keliling di wilayah Jabodetabek,” pungkasnya. (Joko)

Tinggalkan Balasan