Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Emak-Emak PKK dan Warga Kelurahan Setu, Panen Ikan di Empang Binaan Sudin KPKP Jakarta Pusat

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Sejumlah kader PKK, PPSU, dan masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani tampak gembira melakukan panen ikan di empang binaan Sudin KPKP di Jalan Kramat Aris RT 05/03 Kelurahan Setu, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (4/7). Panen ikan yang terdiri terdiri dari Mujair, Mas, Nila dan Ikan Patin merupakan hasil budidaya warga binaan dalam rangka mendukung program ketahanan pangan.

“Horeee, kita panen, ikannya segar-segar, pasti enak dimakan,” ujar emak-emak anggota PKK Kelurahan Setu. Hampir semua orang yang hadir di lokasi tersebut penasaran untuk mengangkat ikan dari empang. Pada panen kali ini jumlahnya sekitar 50 kg yang sebagian dibagikan kepada kelompok tani tersebut dan sebagian lagi dijual juga kepada warga dengan harga murah.

Panen dipimpin Camat Cipayung, Panangaran Ritonga ini juga dihadiri Lurah Setu Dwi Widiastuti, Kasatpel Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kecamatan Cipayung Nur Hikmah dan unsur terkait lainnya.

“Panen dilakukan di tiga empang yang berada di area lahan seluas 8.000 meter persegi milik Dinas Pertamanan dan Hutan (Tamhut) DKI Jakarta. Ikan ini dipanen setelah tiga bulan lalu kita tebar benihnya. Hasil panen sebagian dibagikan kepada kelompok pengelola empang dan sebagian lagi dijual ke masyarakat dan uangnya untuk operasional pembelian pakan ikan,” papar Ritonga.

Kasatpel KPKP Cipayung, Nur Hikmah menambahkan, pihaknya akan memberikan bantuan 20 ribu benih ikan Nila dan Lele untuk ditebar di empang yang dikelola warga ini. “Selesai panen ini, kita akan berikan bantuan 20 ribu benih ikan Nila dan Lele agar dibudidayakan dalam rangka mendukung program ketahanan pangan,” tandasnya. (Joko)

Tinggalkan Balasan