Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Hasil Surveinya Teratas, Teguh Sapto Utomo Bakal Menang di Pilbub Demak 2024

JAKARTANEWS.ID- JAKARTA : Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) mengeluarkan hasil survei preferensi masyarakat Kabupten Demak dalam memilih kandidat Calon Bupati Demak 2024. Survei ini menyikapi elektabilitas dan popularitas nama-nama cabup yang sudah muncul atau yang sudah mendaftarkan diri kepada partai politik.

Direktur Eksekutive LKPI Togu Lubis menyatakan, survei membuktikan, tingkat elektabilitas calon bupati demak dalam pilihan Top of Mind dimenangkan pada nomor urut 1 Teguh Sapto Utomo, SH. MH (Pengusaha)-(20.9%). Selanjutnya, posisi 2 Edi Sayudi, ST (Anggota DPRD)-(19.4%), 3 dr. Hj. Eisti’anah, SE (Bupati Sekarang)-(19.2%), dan 4 Ali Makhsun (Wakil Bupati sekarang)-(7,1%).

“Kemudian, 5 Fahrudin Bisri Selamet, SE (Ketua DPRD)-(5,2%), 6 Singgih Setyono (mantan sekda Demak) -(4,7%), serta 7 H. Maskuri, S.Ag (Wakil Ketua DPRD)-(4.1%). Sedangkan nama lainnya di bawah 2 persen, dan yang tidak memberikan pilihan 10,8 persen,” kata Lubis dalam keteranganny, Selasa (9/7).

LKPI, lanjut Lubis, juga melakukan survei mengenai tingkat Elektabilitas calon Bupati Demak dengan simulasi empat nama bakal calon bupati demak dengan pertanyaan tertutup. Hasilnya, posisi 1 dimenangkan Teguh Sapto Utomo, SH. MH (Pengusaha)-(25.3%), 2. Edi Sayudi, ST (Anggota DPRD)-(24.7%) 3. dr. Hj. Eisti’anah, SE (Bupati Sekarang)-(22.4%), dan 4 Ali Makhsun (Wakil Bupati sekarang)-(9,3%) sedangkan yang tidak memberikan pilihan 18,3 %.

Sisi lain, Lubis mengungkapkan, Eistianah, Bupati yang sekarang masih menjabat memiliki nilai lebih sebagai petahana (Incumbent). “Dia sudah dikenal masyarakat Demak secara luas namun hasil survei LKPI menunjukan tingkat kepuasan masyarakat Demak terhadap kinerja Eistianah menunjukan angka prosentase sebesar 51,7%,” kata Lubis.

Lubis menjelaskan, hasil survei ini juga menunjukan belum satupun kandidat calon bupati yang mendominasi tingkat keterpilihan hingga mendekati kisaran 25 persen. Karena itu, Lubis menyarankan, kandidat calon bupati yang berminat maju dalam pIlkada Demak, mulai sekarang lebih banyak tampil di tengah masyarakat untuk mengenal lebih dekat permasalahan yang dihadapi masyarakat Demak.

Menurutnya, para calon bupati itu juga harus sudah membangun jaringan dengan berbagai stakeholders masyarakat. Kalau diamati, kata Lubis, saat ini baik kandidat maupun partai masih banyak yang nunggu perkembangan pusat,

Karena itu, sambungnya, survei ini bisa menjadi masukan atau informasi bagi para elit partai untuk mengambil keputusan dalam menentukan figur siapa yang akan diusung sebagai calon bupati Demak ke depan. Untuk dikethui, survei LKPI dilakukan mulai 26 Juni -6 Juli 2024

Sample yang digunakan yakni sebanyam 1200 responden dengan batas toleransi kesalahan (margin of error) sebesar +/- 2,83 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei ini mengambil sampel di desa/kelurahan terpilih yang tersebar di kabupaten Demak.

Responden terpilih berusia minimal 17 tahun atau sudah memenuhi syarat sebagai pemilih. Proses pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara tatap muka (face to face interview) dengan menggunakan kuesioner terstruktur (structured interview.

“Sampel dipilih sepenuhnya secara acak (probability sampling) dengan menggunakan metoda penarikan sampel acak bertingkat (multistage random sampling). Pewawancara mendatangi nama-nama responden yang menggunakan hak pilihnya tersebut,” ucapnya (Nugroho)

Tinggalkan Balasan