Tentang Kami

Jakartanews.id merupakan Situs Berita  dibawah naungan PT. MEDIA JAKARTA PRESS dengan tagline Barometer Informasi Terpercaya, menyajikan ragam berita terbaru mulai dari politik, mengapolitan, hukum dan kriminal, ekonomi bisnis maupun olahraga yang dikemas, baik teks maupun visual (video news)

Rubrik Jakartanews.id
1. News
Rubrik ini berisi berita-berita pilihan dari semua rubrik, baik politik, nasional, mengapolitan, hukum, ekonomi bisnis, olahraga maupun selebritas, termasuk Pemilu 2019.

2. Jakartanews.tv
Rubrik ini menyajikan ragam ulasan berita terbaru dan pilihan, baik berita politik, megapolitan, hukum dan kriminal, olahraga, ekbis, Pemilu, yang dikemas dalam bentuk video maupun gambar teraktual.

3. Hukrim
Hukrim merupakan akronim dari hukum dan kriminal. Berisi tentang peristiwa hukum, termasuk aktivitas kepolisian, pengadilan, kejaksaan, KPK dan sebagainya.

4. Megapolitan
Megapolitan merupakan rubrik khusus membahas berbagai hal menyangkut peristiwa-peristiwa perkotaan yang terjadi di wilayah Ibukota, termasuk kota penyangga Depok, Bekasi, dan Tangerang Raya.

5. Politik
Rubrik ini menyajikan berbagai aktivitas politik, di antaranya tokoh, partai politik, Presiden maupun Lembaga Negara.

6. Nasional
Rubrik ini menyajikan berita-berita dari seantero Tanah Air, termasuk politik lokal, kearifan lokal maupun peristiwa lainnya yang terjadi di luar wilayah Ibukota dan kota penyangga lainnya.

7. Internasional
Berbagai peristiwa yang merupakan topnews internasional, terangkum dalam rubrik ini. Misalnya, berita Presiden Terpilih dari mancanegara, invasi, dan berita bernilai tinggi lainnya.

8. Ekbis

Rubrik ini sesuai namanya, Ekbis yang merupakan akronim dari ekonomi dan bisnis memuat berita-berita ekonomi, baik makro maupun mikro.

9. Sport

Rubrik ini merupakan penyeimbang dari berita-berita serius. Meski tidak secara spesifik, namun komposisi pemberitaan di rubrik ini lebih banyak mengulas soal sepak bola.

10. Selebritas

11. Pemilu 2019
Rubrik Pemilu kami hadirkan karena Indonesia segara memasuki tahun politik karena pada 2019 akan menyelenggarakan Pemilu, baik Presiden maupun Legislatif. Rubrik ini bersifat sementara sampai ada penetapan hasil pemilu.

TENTANG KAMI

TAK dapat dipungkiri, dari tahun ke tahun penggunaan media digital terus bertumbuh. Pembaca media konvensional seperti surat kabar atau majalah, beralih ke media-media online berbasis informasi.

Interaktif pembaca dan produsen berita dalam hal ini jurnalis, nyaris setara karena sifat interaktif dari media online tersebut. Konsumen bisa cepat merespon berita yang menurut mereka harus ditanggapi melalui kolom komentar. Hal ini berbeda dengan media konvensional yang pernah kita ketahui.

Bahkan, konsumen pun kini bisa menjadi “jurnalis” (baca:citizen journalism). Mereka memposting berita-berita melalui media sosial, meski belum terverifikasi. Maka tak heran, terkadang berita yang kita dapat tak jelas sumber pengirim utamanya serta akurasinya.

Meski demikian, partisipasi publik itu mengindikasikan betapa masyarakat sangat membutuhkan situs berita terpercaya. Itulah sebabnya, Jakartanews.id hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Kami menyadari Jakartanews.id tidak sendiri karena ada banyak “pemain” lain seperti kami. Namun, kami berbeda karena menekankan berita-berita seputar politik dan perkotaan tanpa meninggalkan peristiwa penting lainnya.

Itulah sebabnya saat ini kita berada dalam posisi banjir informasi. Tinggal klik, “Dunia terdatarkan,” kata Thomas L. Friedman dalam bukunya, The World is Flat. “Masalahnya bagaimana memastikan kebenaran informasi tersebut,” tanya Bill Kovach dan Tom Rosenstiel dalam buku mereka, “Blur”.

Menjawab hal itu, Jakartanews.id hadir untuk memastikan semua berita-berita yang tersaj terpercaya karena telah melalui verifikasi standar jurnalistik yang sangat ketat. Pendahulu kami menyebutnya ceck and recheck. Semua itu dilakukan guna memastikan kesahihan informasi sebelum dipublikasikan menjadi berita.

Berangkat dari pengalaman itulah, Jakartanews.id yang diawaki wartawan senior yang memiliki ragam latar belakang pendidikan, hadir menyediakan berita-berita sesuai slogan kami, “Barometer Informasi Terpercaya”. Kami juga berharap informasi yang disajikan Jakartanews.id bisa menjadi rujukan utama. Semoga!